Polisi-TNI Sekat Massa Reuni 212 di Depok, Kendaraan Diperiksa Acak

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 11:06 WIB
Petugas memeriksa secara acak kendaraan dari Depok ke Jakarta untuk cegah massa Reuni 212, Kamis (2/12/2021).
Petugas memeriksa secara acak kendaraan dari Depok ke Jakarta untuk cegah massa Reuni 212. (Foto: dok. Istimewa)
Depok -

Petugas gabungan TNI dan Polri melakukan penyekatan di beberapa titik di Kota Depok. Penyekatan dilakukan untuk mengantisipasi massa dari Depok yang hendak menghadiri Reuni 212 di Jakarta.

"Iya, ada, ini sedang berjalan. Ada di Jl Margonda yang mau mengarah ke Jakarta. Itu kalau ada yang dicurigai, rombongan-rombongan itu (massa Reuni 212) kita putar balik," ujar petugas di lapangan, Kamis (2/11/2021).

Penyekatan di lokasi diterapkan sejak pukul 05.30 WIB. Kebijakan penyekatan itu akan dilakukan hingga malam hari nanti.

Ada 200 personel TNI-Polri yang melakukan kegiatan penyekatan di Depok. Aparat TNI dan Polri akan memantau kendaraan yang dicurigai ditumpangi massa yang hendak menuju Jakarta mengikuti Reuni 212.

"Kalau secara kasatmata kendaraan itu ada banyak penumpang, kendaraan umum, atau kendaraan pribadi yang overkapasitas, ya kita setop. Sama kayak kendaraan motor bonceng tiga, kita setop," jelasnya.

Hingga saat ini kondisi penyekatan di wilayah Depok tergolong lancar. Belum ditemukan adanya massa Reuni 212 yang mencoba bergerak ke Jakarta dari Depok.

"Sampai saat ini belum ada. Ada (pas diperiksa) massa mau kerja, aktivitas normal saja. Misalnya nih ada angkot ramai, ternyata itu orang yang mau ke kantor," tutur petugas lagi.

Reuni 212 tidak mengantongi izin dari Polda Metro Jaya dan Satgas COVID-19 DKI Jakarta. Namun sejumlah massa tetap mencoba bergerak menuju Patung Kuda pagi tadi.

Kawasan Patung Kuda pun telah ditutup petugas hari ini. Penutupan itu berlangsung dari tengah malam tadi hingga pukul 21.00 WIB malam ini.

Simak video 'Massa Reuni 212 di Jalan Wahid Hasyim Didorong ke Pasar Tanah Abang':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)