Jalan Sekitar Monas Ditutup, Ini 12 KA Gambir yang Bisa Naik Dari Jatinegara

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 10:36 WIB
Jalan Sekitar Monas Ditutup, Ini 12 KA Gambir yang Bisa Naik Dari Jatinegara
Jalan Sekitar Monas Ditutup, Ini 12 KA Gambir yang Bisa Naik Dari Jatinegara --Kondisi stasiun Jatinegara (Foto: Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Jalan Monas ditutup sebagai antisipasi massa Reuni 212. Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Semua titik yang menuju kawasan Patung kuda dan Monas kita lakukan penutupan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo di kawasan Kebon Sirih, Jakpus, Kamis (2/12/2021)

Selain itu, PT KAI juga akan memberlakukan kebijakan Berhenti Luar Biasa (BLB) untuk 12 Kereta Api imbas adanya penutupan jalan Monas. Para Penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir diimbau untuk naik di Stasiun Jatinegara.

Simak informasi mengenai jalan Monas ditutup yang sudah kami rangkum berikut ini.

Jalan Monas Ditutup: 12 KA Gambir Naik Dari Stasiun Jatinegara

PT KAI memberlakukan kebijakan Berhenti Luar Biasa (BLB) untuk 12 Keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ). Para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir diimbau untuk naik di Stasiun Jatinegara imbas penutupan kawasan Monas terkait rencana Reuni 212.

"Untuk memperlancar dan mempermudah akses pengguna jasa KA keberangkatan dari Stasiun Gambir pada tanggal 2 Desember 2021, PT KAI Daop 1 Jakarta pada tanggal tersebut untuk sementara akan memberlakukan berhenti luar biasa (BLB) untuk 12 nomor KA di Stasiun Jatinegara, sehingga dapat melayani naik penumpang KA jarak jauh khusus jadwal keberangkatan KA mulai pukul 06.40 WIB sampai dengan pukul 13.15 WIB," kata Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangannya, Kamis (2/12/2021).

Adapun 12 KA keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti melayani naik penumpang di Stasiun Jatinegara pada hari Kamis (2/12) diantaranya:

  1. KA 38A Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 06.40 WIB
  2. KA 14 Argo Muria (tujuan Semarang Tawang) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.05 WIB
  3. KA 46 Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.10 WIB
  4. KA 2B Argo Bromo Anggrek (tujuan Surabaya turi) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.20 WIB
  5. KA 18A Argo Cheribon (tujuan Cirebon) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.30 WIB
  6. KA 10C Argo Dwipangga (tujuan Solo Balapan) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.50 WIB
  7. KA 82D Taksaka (tujuan Yogyakarta) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.10 WIB
  8. KA 20F Argo Cheribon (tujuan Tegal) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.40 WIB
  9. KA 7046 (Tujuan Solo) Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.50 WIB
  10. KA 48F Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 10.10 WIB
  11. KA 50F Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 12.30 WIB
  12. KA 52A Argo Parahyangan (tujuan Bandung) keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 13.15 WIB

Jalan Monas Ditutup: Tidak Ada Kerumunan di Statiun Jatinegara

Walaupun para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Gambir diimbau untuk naik di Stasiun Jatinegara, tidak terlihat adanya kerumunan di Stasiun Jatinegara. Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan banyak penumpang yang mengatur waktu keberangkatan sehingga tidak terdapat kerumunan.

"Di Stasiun Jatinegara hari ini terpantau masih lancar, karena memang kalau kita lihat di Gambir banyak penumpang yang tetap berangkat dari Gambir juga, jadi kayanya mereka memang sudah mengatur waktu keberangkatan, kedatangannya," ujar Eva Chairunisa, Kamis (2/12/2021).

Eva menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah hal untuk mengantisipasi kerumunan. Mulai dari sistem boarding, petugas, hingga protokol pemeriksaan.

"Kalau antisipasi ada pasti, kita kan sudah punya petugas, jadi kalau kita sudah deal begitu pasti sudah ada persiapan-persiapan, sistem boarding-nya, petugasnya, pemeriksaannya itu dan lain-lain sudah kami siapkan," ujarnya.

Diketahui jalan sekitar Monas ditutup. Selain itu, ada 11 titik penutupan lainnya yang dilakukan polisi terkait reuni 212. Simak di halaman selanjutmya.