IPW Minta Polisi Dalami Komunikasi Pria O-Ipda OS hingga Terjadi Penembakan

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 05:12 WIB
Sugeng Teguh Santoso
Sugeng Teguh Santoso (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

IPW meminta agar pihak kepolisian mengusut penembakan yang dilakukan polisi Petugas Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya secara transparan. Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso menyebut transparansi harus dilakukan agar tidak mempengaruhi kepercayaan publik.

"Transparansi dan profesionalisme dalam pengusutan kasus penembakan di exit tol Bintaro sangat penting, agar kepercayaan publik yang hendak dibangun oleh Kapolri dengan presisi dan juga arahan penindakan pada anggota yang melanggar tetap terjaga," kata Sugeng saat dihubungi, Rabu (1/12/2021).

"Bila Polda Metro Jaya tidak transparan dan dinilai melakukan impunitas menutupi insiden penembakan ini bisa muncul ketidakpercayaan publik," lanjutnya.

Sugeng meminta agar pengusutan itu didasari pada Perkap 1 nomor 2009 tentang penggunaan senjata dan Perkap nomor 9 tahun 2009 tentang penerapan prinsip-prinsip HAM dalam tugas Polri. Dia meminta harus didalami apakah polisi PJR tersebut memang dalam bahaya saat insiden terjadi.

"Dalam kedua peraturan tersebut penggunaan senjata api diperbolehkan dengan syarat adanya ancaman serangan yang membahayakan jiwa petugas dan anggota masyarakat atau mencegah dan menghentikan serangan yang membahayakan jiwa manusia. Jadi harus didalami," ucapnya.

Sugeng juga menyebut penting untuk didalami terhadap warga inisial O yang mengaku dibuntuti hingga menghubungi pelaku. Menurutnya bisa saja ada tindakan provokasi dari O terhadap pelaku.

"Perlu juga pendalaman apakah ada informasi dari warga O pengadu yang bisa dinilai 'memprovokasi' munculkan tindakan drastis dari Ipda OS itu. Perlu didalami juga motif penguntitan oleh 2 korban yang ditembak. Untuk transparansi korban penembakan yang masih hidup diminta keterangannya setelah sehat," ujarnya.

Simak video 'Alasan Ipda OS Lakukan Penembakan di Exit Toll Bintaro':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.