Terima 200 Timbangan Bayi dari Kadin, Kahiyang Akan Gunakan Cegah Stunting

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 21:16 WIB
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Medan menyerahkan 200 timbangan bayi kepada Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu. Bantuan itu untuk membantu Pemko Medan mencegah terjadinya stunting.
Kahiyang Ayu bersama Kadin Medan dan pejabat Kota Medan lainnya. (Dok Istimewa)
Medan -

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Medan menyerahkan 200 timbangan bayi kepada Ketua TP PKK Medan, Kahiyang Ayu. Bantuan itu untuk membantu Pemko Medan mencegah terjadinya stunting.

Penyerahan bantuan ini berbarengan dengan kegiatan pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan yang dilaksanakan di Kantor TP PKK Medan, Rabu (1/12/2021). Ketua Kadin Medan Arman Chandra mengatakan pihaknya adalah mitra pemerintah dalam hal industri dan perdagangan.

"Kalau kita lihat saat ini di mana untuk mendapatkan generasi muda baik, kita harus mendukung pemerintah bersama-sama. Fokusnya itu tadi, timbangan bayi supaya menghindari stunting, kalau bisa setiap bayi itu ditimbang berkala supaya mengetahui perkembangannya," sebut Arman kepada wartawan.

Sebagai Ketua Forum CSR, Arman juga akan mengupayakan perusahaan yang ada di Medan untuk ikut membantu program Pemko Medan dalam mencegah stunting. Dia bakal mengkoordinasi perusahaan-perusahaan untuk membantu kerja Pemko Medan terkait masalah stunting.

"Banyak perusahaan yang memberikan bantuan melalui CSR itu kadang tidak terorganisasi, ke depan akan kita koordinir supaya lebih baik," sebut Arman.

Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kadin. Kahiyang menyebut 200 timbangan bayi itu nantinya akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di Kota Medan.

Putri Presiden Jokowi ini mengaku persoalan stunting menjadi masalah yang disoroti secara nasional. Dia pun meminta kader PKK dan OPD (organisasi perangkat daerah) terkait melakukan hal-hal yang bisa mencegah terjadinya stunting.

"Stunting menjadi permasalahan yang disoroti nasional, jadi saya meminta di tahun depan masalah stunting di Kota Medan dapat teratasi," sebut Kahiyang.

"TP PKK Kota Medan siap membantu dan mensukseskan apa yang telah dicanangkan ini. Dengan harapan semua target dalam Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tercapai," tambah Kahiyang.

Sementara itu, Kepala Dinas PP dan KB Medan Suryadi Panjaitan mengungkapkan pihaknya akan fokus dalam mencegah terjadinya stunting tahun depan. Pihaknya bakal turun langsung untuk mengatasi permasalahan tersebut.

"Untuk penanganannya, kita akan berkolaborasi dengan PKK, kami akan turun ke lapangan untuk mengatasi permasalahan stunting," ucap Suryadi.

Simak juga 'Penyebab Stunting di Indonesia Urutan Kedua ASEAN':

[Gambas:Video 20detik]



(dhm/rfs)