Nobar Film 'Kadet 1947', Kadispenau Kobarkan Semangat Nasionalisme

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 19:26 WIB
Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah
Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah Foto: Rizky/detikcom
Jakarta -

Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispen TNI AU) menggelar agenda nonton bareng (nobar) film 'Kadet 1947' di XXI Plaza Senayan, Jakarta. mengatakan film ini mengobarkan semangat nasionalisme.

Marsma Indan Gilang mengapresiasi hadirnya film 'Kadet 1947' ini. Dia mengatakan, film ini bisa mengangkat semangat nasionalisme, khususnya bagi generasi muda Indonesia.

Marsma Indan mengatakan, meski film tersebut dilatarbelakangi peristiwa tahun 1947, namun semangatnya masih bisa diterapkan hingga saat ini. Salah satu pesan yang bisa dipetik yakni dengan berkontribusi kepada bangsa dan negara, melalui bidangnya masing-masing.

"Nilai-nilai itu yang ingin kita munculkan nasionalisme dan heroisme mereka. Diadaptasi saat ini apa? Di usia seperti itu harus berkontribusi kepada bangsa dan negara di bidangnya masing-masing," ujar Marsma Indan Gilang kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Marsma Indan Gilang berharap, pesan dalam film 'Kadet 1947' bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, yaitu mengenai heroisme dan nasionalisme.

"Mungkin kisah heroisme anak muda di saat itu tidak banyak yang tau. Melalui film ini lah mudah-mudahan pesan itu sampai," ujarnya.

Ditambahkan Marsma Indan Gilang, dirinya berharap kisah-kisah mengenai perjuangan kemerdekaan lainnya khususnya di bidang dirgantara bisa diangkat melalui medium film.

"Mudah-mudahan cerita atau pun sejarah kisah yang membangkitan heroisme ini bisa dibangkitkan melalui film," ucapnya.

Marsma Indan Gilang berharap film 'Kadet 1947' mendapat banyak antusiasme dari masyarakat Indonesia sebagai hiburan di masa pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, Kadet 1947 mengisahkan tentang tujuh pemuda yang melakukan aksi pengeboman pertama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat Agresi Militer Belanda I pada 1947 silam.

Film ini diproduksi oleh Temata Studios, Screenplay Films dan Legacy Pictures dan disutradarai oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia.

(hri/hri)