Jurus Kemnaker Tingkatkan Produktivitas Tenaga Kerja di Papua

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:59 WIB
Menaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah untuk mengatasi permasalahan kemiskinan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Menurut Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah menjalankan berbagai program peningkatan produktivitas serta mengurangi beban pengeluaran mulai dari bantuan pangan, akses kesehatan, pendidikan, pekerjaan, jaminan sosial, hingga pemberdayaan UMKM.

"Berdasarkan permasalahan tersebut Presiden Joko Widodo menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai salah satu fokus utama dalam pembangunan infrastruktur maupun pembangunan SDM," kata Ida dalam keterangan tertulis, Rabu (1/12/2021).

Ida menjelaskan pihaknya memiliki peran untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan penciptaan lapangan kerja dengan memprioritaskan orang asli Papua. Peningkatan produktivitas dilakukan melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK), kerja sama pendidikan, dan pelatihan vokasi dengan dunia usaha, sertifikasi kompetensi, serta tata kelola pendidikan pelatihan vokasi.

"Selain itu, Kemnaker bersama Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat juga membangun pusat pendidikan yang unggul, berkualitas, serta dapat berdaya saing," ucap Ida.

Berbagai program juga telah dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di Provinsi Papua dan Papua Barat melalui pelatihan vokasi berbasis kompetensi, pemagangan, pelatihan peningkatan produktivitas, akreditasi lembaga pelatihan kerja, dan pembangunan Skill Development Center (SDC).

Lebih lanjut, Ida menjelaskan program lain dalam mengembangkan SDM melalui pelatihan vokasi serta membangun BLK Komunitas untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter di lembaga pendidikan keagamaan.

Melalui BLK, Ida berharap dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas dan masyarakat sekitar dalam bekerja atau berwirausaha. Selain hal tersebut, Ida menyebut Pemerintah masih memiliki banyak program untuk mengatasi kemiskinan di Papua dan Papua Barat.

"Karena memang dibutuhkan sinergi dan kolaborasi dari semua sektor mulai dari Pemerintah Pusat dan Daerah, sektor swasta, hingga seluruh elemen masyarakat untuk bisa mendukung program pembangunan yang ada di Papua dan Papua Barat," tutup Ida.

(ncm/ega)