Jokowi Panggil Luhut-Airlangga soal Omicron, Ini Arahan Terbarunya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:43 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Rapat itu khusus membahas terkait Corona varian Omicron.

"Tadi pagi, pak presiden memanggil beberapa menteri terkait, ada menteri Menko Marves, Menko Perekonomian, menteri luar negeri diwakili Wamen, dan beberapa menteri lain secara spesifik bahas Omicron," kata Mensesneg Pratikno kepada wartawan di Istana, Rabu (1/12/2021).

Pratikno mengatakan Indonesia harus belajar dari perkembangan kasus COVID-19 di negara lain. Jokowi meminta semua pihak waspada.

"Kita juga belajar dari beberapa negara lain dengan adanya kasus ini. Intinya kita harus selalu waspada, selalu standby, jadi semua kapasitas yang ada harus selalu siaga. Dalam waktu dekat, akan ada penjelasan lebih lanjut dari menko terkait," ujar Pratikno.

Pratikno juga mengungkap arahan Jokowi soal pentingnya kerja cepat. Selain itu, vaksinasi juga diminta terus ditingkatkan.

"Selalu waspada. Jadi selalu mengikuti dinamika di lapangan dan bereaksi cepat terhadap kemungkinan itu. Dan terus vaksinasi, beliau juga akhir minggu yang lalu khusus rapat mengenai percepatan vaksinasi. Karena kita juga akan mendapatkan lagi stok vaksin yang bertambah. Kita percepat vaksinasi. Tentu saja protokol kesehatan tetap dijaga. Kewaspadaan, kecepatan beraksi, seandainya ada masalah, terus dijaga. Oleh karena itu tadi juga beliau bertanya seandainya ada kasus, bagaimana rumah sakit- rumah sakit darurat itu diaktifkan, semua menyatakan tetap siaga, jadi kita tetap siaga," beber Pratikno mengungkap arahan Jokowi.

Simak juga Video: Jelang Nataru, Ganjar Minta Warga Hati-hati Terkait Varian Omicron

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)