Peran Berbeda 5 Anggota Pemuda Pancasila Pengeroyok AKBP Dermawan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 07:31 WIB
Konferensi pers di Polda Metro Jaya (Foto: Rakha/detikcom)
Konferensi pers di Polda Metro Jaya (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya menetapkan lima tersangka baru terkait pengeroyokan Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali. Kelima tersangka seluruhnya adalah anggota Pemuda Pancasila (PP).

Dengan bertambahnya lima tersangka baru ini, total ada enam anggota PP yang sudah ditetapkan sebagai tersangka pengeroyokan AKBP Dermawan. Kelima tersangka baru ini memiliki peran berbeda dalam kasus pengeroyokan tersebut.

"Ada penambahan tersangka yang berhasil kita ungkap berdasarkan CCTV. Tersangka yang sudah kita tahan dan tetapkan tersangka dan menjalani pemeriksaan ada lima orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Selasa (230/11).

Kelima tersangka adalah AS (18), WH (35), DH (23), ACH (29), dan MDK (25). Sebelumnya, polisi menetapkan seorang tersangka, yaitu inisial RC.

Peran Lima Tersangka

Kombes Zulpan menjelaskan kelima tersangka baru ini memiliki peran berbeda-beda. Tersangka AS berperan mengejar, menarik, dan memukul korban dengan tangan kosong.

"Tersangka WH memprovokasi dan mengejar korban, DH perannya mengejar, memukul, dan menendang korban, ACH memukul korban dengan kayu, dan MDK mengejar dan menarik lalu memukul dengan tangan kosong," ujar Zukpan.

Para tersangka dijerat Pasal 170 KUHP dan/atau Pasal 212 KUHP dan/atau 216 KUHP dan/atau 218 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun 6 bulan.


Dalami Provokasi Pengeroyokan AKBP Dermawan

Zulpan menyebut polisi kini masih mendalami aktor utama dari kejadian tersebut. Polisi akan menelusuri apakah para tersangka melakukan pengeroyokan itu atas dasar perintah.

"Memprovokasi baik secara langsung maupun tidak langsung, yang sifatnya global itu masih kita dalami. Apakah ada perintah khusus, itu masih kita dalami," ujar Zulpan.

Simak video '5 Anggota Pemuda Pancasila Pengeroyok AKBP Dermawan Terancam 5 Tahun Bui':

[Gambas:Video 20detik]





Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....