2 Lumba-lumba Pernah Ditunggangi Lucinta Luna Sempat Muntah Sebelum Mati

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 20:21 WIB
lumba-lumba
Ilustrasi lumba-lumba (Foto: AFP)
Denpasar -

Dua dari 7 ekor lumba-lumba yang sempat ditunggangi Lucinta Luna dan teman-temanya di Bali mati. Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar mengungkap bahwa lumba-lumba itu sempat muntah sebelum mati.

"Informasi sebelumnya saat proses evakuasi lumba-lumba ditemukan memuntahkan rumput laut/lamun," kata Kepala BPSPL Denpasar Permana Yudiarso dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Selasa (30/11/2021).

Yudi mengatakan Tim Respons Cepat BPSPL Denpasar mendapatkan laporan dari Koalisi Anak Negeri terkait kondisi lumba-lumba yang sempat viral tersebut. Tim kemudian melakukan pengecekan ke Bali Exotic Marine Park pada Senin (29/11).

Dari pengecekan tersebut, diketahui bahwa lumba-lumba itu mati sekitar Juni atau Juli lalu. Kematian dua ekor lumba-lumba itu sudah dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

"Bangkai lumba-lumba yang mati dikubur di sekitar Bali Exotic Marine Park. Sebelum penguburan dilakukan proses nekropsi pada bangkai lumba-lumba tersebut," terang Yudi.

Yudi menjelaskan lumba-lumba tersebut dipindahkan oleh BKSDA Bali ke Bali Exotic Marine Park. Sebelumnya, lumba-lumba tersebut berada di Dolphin Lodge Bali milik PT Piayu Samudra Bali.

"Lumba-lumba tersebut berjenis lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) sebanyak tujuh ekor yang dievakuasi perkiraan pada bulan April," jelasnya.

Berkaitan dengan kondisi lumba-lumba, Yudi mengungkap bahwa setiap hari terdapat pengecekan kondisi. Kemudian setiap tiga bulan dilakukan pengambilan sampel darah untuk di-check up rutin kesehatan lumba-lumba tersebut.

"Dalam proses check up dan pemantauan kesehatan lumba-lumba di Bali Exotic, dibantu oleh tim dokter hewan dari Universitas Udayana, yaitu drh Ida Bagus Prima Adnyana," kata dia.

Yudi mengatakan Bali Exotic Marine Park memiliki kolam perkiraan total luas 868 meter persegi dengan panjang dan lebar 30 x 32 meter serta kedalaman 3 meter. Kolam sendiri memiliki sirkulasi sebanyak 10 filter, satu set karbon aktif, dan empat set alat pengatur kadar garam.

Terdapat tiga kolam milik Bali Exotic Marine Park, di mana lima ekor lumba-lumba yang dititipkan akan dimasukkan ke salah satu kolam bersekat. Kemudian lima ekor lumba-lumba lainnya milik Bali Exotic Marine Park berada di kolam lainnya.

"Apabila pengunjung (interaksi) datang, sekat tersebut akan ditutup pada kolam kecil dan kembali dibuka saat tidak ada pengunjung," ungkap Yudi.

Simak video 'Permintaan Maaf Lucinta Luna soal Konten Tunggangi Lumba-lumba':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)