Persyaratan Naik Pesawat Desember 2021, Cek Dulu Biar Nggak Salah Info

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:12 WIB
Persyaratan Naik Pesawat Desember 2021, Cek Biar Gak Ketinggalan Informasi
Persyaratan Naik Pesawat Desember 2021, Cek Biar Gak Ketinggalan Informasi -- ilustrasi bandara (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Persyaratan naik pesawat Desember 2021 mulai banyak dicari tahu masyarakat. Hal ini menyusul adanya perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan kabar menyebarnya varian baru corona, Omicron.

Diketahui aturan perjalanan udara memang sempat berubah terkait tes Corona. Lalu bagaimana persyaratan naik pesawat Desember 2021? simak penjelasannya berikut ini.

Persyaratan Naik Pesawat Desember 2021 dalam Inmendagri Terbaru

Untuk menjawab persyaratan naik pesawat Desember 2021, bisa merujuk pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru, yaitu Nomor 63 Tahun 2021 tentang PPKM Jawa Bali. Adapun berikut aturan yang tertulis:

"Persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional," bunyi salah satu isi Inmendagri 63/2021.

Persyaratan Naik Pesawat Desember 2021 Sesuai Satgas COVID-19

Seperti yang dijelaskan Inmendagri 63/2021, persyaratan naik pesawat Desember 2021 diatur oleh Satgas COVID-19. Adapun Satgas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat Selama Periode Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 dalam Masa Pandemi COVID-19. Adapun aturannya sebagai berikut:

  1. Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Bali serta perjalanan antarkabupaten atau antarkota di dalam wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukkan persyaratan:
    a. Kartu vaksin (minimal vaksin dosis pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan atau;
    b. Kartu vaksin (vaksinasi dosis kedua) dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.
  2. Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara antarkabupaten atau antarkota di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali wajib menunjukkan:
    a. kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama) dan
    b. hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3 x 24 jam atau hasil negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan

Lalu saat libur Natal dan Tahun Baru bagaimana persyaratan naik pesawat Desember 2021? simak di halaman selanjutnya.

Lihat Video: Peraturan PPKM di Sektor Pariwisata dan Perayaan Nataru

[Gambas:Video 20detik]