Dinkes DKI Siapkan Sekolah Jadi Sentra Vaksinasi COVID Anak 6-11 Tahun

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:01 WIB
Petugas menyuntikan vaksinasi Covid-19 dosis tiga kepada relawan di Graha Wana Bhaktiyasa, Yogyakarta, Selasa (30/11/2021). Sejumlah relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah D. I. Yogyakarta mengikuti vaksinasi massal Covid-19 dosis tiga di Graha Wana Bhakti Yasa, Yogyakarta. Vaksinasi Covid-19 dosis tiga atau vaksin booster untuk relawan ini menggunakan vaksin moderna. Program vaksin booster diselenggara selama tiga hari.
Ilustrasi vaksin COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA/detikcom)
Jakarta -

Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun bakal digelar pada 2022. Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan menjadikan sekolah sebagai sentra vaksinasi COVID-19 bagi anak-anak usia 6-11 tahun.

"Sekolah menjadi salah satu tempat potensial memberikan layanan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun. Kelebihan atau keunggulan vaksinasi COVID di sekolah karena tempat sekolah sudah cukup ideal," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam webminar virtual, Selasa (30/11/2021).

Dwi mengatakan gedung sekolah merupakan lokasi ideal untuk menggelar vaksinasi anak. Selain memiliki sirkulasi udara yang cukup, siswa bisa lebih mudah menjangkau lokasi vaksinasi serta mudah mengatur protokol kesehatan COVID-19.

Alasan lainnya adalah selama ditutup karena pandemi COVID-19, sekolah sudah beberapa kali bekerja sama dengan puskesmas untuk penyelenggaraan vaksinasi Corona.

"Guru-guru di sekolah sudah terbiasa memfasilitasi kegiatan vaksinasi di sekolah sehingga pada saat nanti sudah bisa dikerjakan itu bisa menjadi tempat ideal dan bisa jangkau murid sekolah," jelasnya.

Dwi memastikan pihaknya akan mematuhi panduan teknis pemberian vaksin COVID-19 untuk anak 6-11 tahun sesuai arahan Kementerian Kesehatan. Sementara itu, dia meminta orang tua melengkapi imunisasi dasar kepada anak-anaknya.

"Kita akan mengikuti panduan teknis dari Kemenkes. Pada saat anak 6-11 tahun sudah divaksin maka tempat vaksinasinya bisa diberikan di faskes tentu sesuai dengam prokes, penjadwalan dan sebagainya," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Indonesian Technical Advisor Group On Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro menuturkan ada dua vaksin yang direkomendasikan untuk anak di bawah 12 tahun, yakni vaksin Sinovac dan Pfizer. Kendati demikian, perlu dilakukan uji klinis terlebih dahulu sebelum disuntikkan kepada anak.

"Vaksin yang diberikan pada anak ada vaksin Sinovac dengan dosis sama seperti orang dewasa, dan vaksin Pfizer dengan dosis setengah dari orang dewasa untuk anak usia di bawah 12 tahun," ucap Sri.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: BPOM Setujui Vaksin Sinovac untuk Anak 6-11 Tahun, Kapan Pelaksanaannya?

[Gambas:Video 20detik]