detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Krisis Air Bersih, Warga Rusun City Garden Kena Penyakit Kulit

Marteen Ronaldo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 16:25 WIB
Salah satu warga Rusunami City Garden alami penyakit kulit.
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Penghuni Rumah Susun Milik (Rusunami) City Garden, Cengkareng, Jakarta Barat, mengalami penyakit kulit gegara krisis air bersih. Kaki mereka melepuh dan mengalami rasa gatal.

Salah satu penghuni rusun, Sumatro, mengatakan istrinya mengalami gangguan kulit. Jadi, dia harus berobat ke dokter.

"Saya keluar hampir Rp 1,6 juta sekali berobat, belum lagi biaya listrik dan air yang kini kita pakai dari tangki," terangnya saat ditemui di rusun, Selasa (30/11/2021).

Sumarno, yang tinggal di rusun sejak 2014, menyebut, pada waktu itu, rusun menggunakan water treatment plant atau instalasi pengelolaan air. Pada awalnya, air yang dihasilkan berkualitas bagus.

"Saya sudah lama tinggal di sini, sebelumnya itu dapat pasokan air WTP dari pihak pengelola, bagus airnya tidak bau dan waktu itu belum separah ini," kata Sumatro.

Setelah itu, dia pun merasa pasokan air yang diberikan oleh pengelola pada saat itu sudah mulai menunjukkan hal yang janggal.

"Ke sini, ke sini sudah dua tahun terakhir kok airnya jadi mulai kotor dan berbau. Bahkan istri saya kulitnya sampe merah-merah gitu, alhasil kita sering berobat ke rumah sakit," jelasnya.

Kemudian, kejadian serupa dialami keluarga Boby. Orang tua Boby sampai saat ini masih mengalami gangguan di kulit kakinya.

Kulit telapak kaki ibu Boby seperti terkelupas. Terlihat bintik-bintik dengan rasa gatal.

"Ini kaki orang tua saya sudah hampir satu tahun terakhir kayak mengelupas. Saya sampai bolak-balik konsultasi dengan dokter agar memberi resep obat kepada ibu saya," ujarnya.

Ia pun telah menyediakan beberapa obat lainnya berupa salep dan multivitamin untuk proses penyembuhan sang ibu. "Ini saya sering beli untuk obat, kalau habis harus pesan lagi, ini sudah agak mendingan saja. Sebelum-sebelumnya jauh lebih parah," jelasnya.

Simak Video: Krisis Air Bersih, Warga Rusunami City Garden Ngadu ke Anies

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)