Menko PMK Ungkap Arahan Khusus Jokowi ke Menkes soal Varian Omicron

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 11:05 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkap arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menkes Budi Gunadi Sadikin agar terus memantau Corona varian Omicron. Jokowi meminta Menkes melaporkan informasi terbaru mengenai varian Omicron setiap hari.

"Tetapi memang yang kita khawatirkan kalau varian baru ini nanti bisa menghabisi kekebalan-kekebalan yang sudah didapat itu. Ini yang kita waspadai. Tadi saat rapat (kemarin), Pak Presiden sudah menugaskan khusus ke Pak Menkes untuk betul-betul memantau varian baru ini bahkan meminta agar di-update per hari," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis dari Kemenko PMK, Selasa (30/11/2021).

Muhadjir menyebut munculnya varian baru dari COVID-19 yang mulai melanda beberapa negara juga patut menjadi ancaman. Muhadjir mengatakan Indonesia harus lebih siap dengan berbekal pengalaman menghadapi varian Delta sebelumnya.

"Kita kan sudah punya pengalaman dalam menghadapi varian Delta. Dengan adanya varian Delta itu juga banyak hikmah misalnya sekarang kondisi faskes kita sangat bagus, ketersediaan oksigen kita sangat baik, kemudian tenaga medis kita juga lebih siap. Jadi banyak hikmah yang kita petik juga dari wabah," kata mantan Mendikbud tersebut.

Jokowi Minta Tingkatkan Kewaspadaan

Jokowi sebelumnya kembali menegaskan bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir. Jokowi mengajak semua pihak meningkatkan kewaspadaan.

"Kita harus tetap waspada karena pandemi belum berakhir dan di tahun 2022, pandemi COVID-19 masih menjadi ancaman dunia dan juga ancaman bagi negara kita Indonesia," kata Jokowi dalam kegiatan penyerahan DIPA dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Desa Tahun 2022 seperti ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (29/11).

Jokowi juga berbicara mengenai varian Omicron yang dideteksi di sejumlah negara. Mantan Gubernur DKI itu meminta penanganan dilakukan sedini mungkin.

"Selain varian lama, di beberapa negara telah muncul varian baru, varian Omicron yang harus menambah kewaspadaan kita. Antisipasi dan mitigasi perlu disiapkan sedini mungkin agar tidak mengganggu kesinambungan reformasi struktural yang sedang kita lakukan, serta program pemulihan ekonomi nasional yang sedang kita laksanakan," ujar Jokowi.

Simak video 'Informasi Terkini Seputar Gejala Covid-19 yang Ditimbulkan Varian Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)