Galakkan Vaksinasi, Wali Kota Parepare Optimalkan Peran Lurah-Camat

Inkana Putri - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 20:59 WIB
Wali Kota Parepare Taufan Pawe (Hasrul-detikcom).
Foto: Wali Kota Parepare Taufan Pawe (Hasrul-detikcom).
Jakarta -

Pemerintah Kota Parepare melalui Satuan Tugas COVID-19 terus berupaya menggenjot pelaksanaan vaksinasi di seluruh kalangan masyarakat.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe mengatakan upaya vaksinasi perlu dipercepat guna menciptakan herd immunity di Kota Parepare. Untuk itu, ia mengingatkan masyarakat untuk segera divaksin di sentra vaksinasi terdekat.

"Masyarakat yang belum vaksin, agar segera mendatangi puskesmas terdekat untuk menerima vaksin hingga dosis kedua," kata Taufan dalam keterangan tertulis, Senin (29/11/2021).

Dalam meningkatkan capaian vaksinasi, Taufan juga menginstruksikan seluruh jajaran mulai dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, dan Lurah untuk mengajak serta mengedukasi warga yang belum vaksin.

"Optimalkan keikutsertaan seluruh ASN pada instansinya untuk menjadi pelopor vaksin, juga kepada camat dan lurah segera identifikasi warganya yang belum vaksin agar diberi edukasi untuk vaksin," kata Taufan.

Soal jumlah vaksinasi, berdasarkan data Satuan Tugas COVID-19, Taufan menjelaskan total sasaran vaksinasi saat ini berjumlah 119.206 orang. Adapun sasaran yang telah divaksin untuk dosis pertama 67.679 orang, dan dosis kedua 53.695, orang.

Sementara untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan, jumlahnya mencapai 1.999 orang. Dari data tersebut, tersisa sekitar 51.527 orang yang belum menerima vaksin dosis pertama ataupun dosis kedua.

Dalam hal ini, sasaran vaksinasi ditujukan kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia dan pra lansia , masyarakat umum, serta remaja.

(fhs/ega)