Puslabfor Olah TKP Kebakaran KM Bandar Bestari di Pelabuhan Sunda Kelapa

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 20:47 WIB
Puslabfor Polri olah TKP kebakaran KM Bandar Bestari di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakut, Senin (29/11/2021)
Puslabfor Polri olah TKP kebakaran KM Bandar Bestari di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakut (dok. Istimewa)
Jakarta -

Puslabfor Polri melakukan olah TKP kebakaran KM Bandar Bestari di Dermaga 066 Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Olah TKP dilakukan untuk mengetahui penyebab terbakarnya KM Bandar Lestari.

Kapolsek Sunda Kelapa AKP Seto Handoko Putra mengatakan olah TKP dilakukan pada Senin (29/11) pukul 13.45-15.40 WIB. Olah TKP dipimpin oleh Kompol Henry Siahaan dari Puslabfor, didampingi Bripka Kritian dan Bripda Rahmat.

Sero menambahkan, dalam kegiatan olah TKP, dilakukan wawancara kepada para saksi. Selain itu, dilakukan pemotretan dan pengumpulan barang bukti berupa benda yang terbakar.

"Kegiatan Olah TKP meliputi wawancara, Dokumentasi dan pengumpulan barang bukti benda/barang yang terbakar," kata Seto dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Selanjutnya, Seto menambahkan barang bukti tersebut akan dibawa ke Puslabfor Mabes Polri untuk diperiksa guna mengetahui penyebab terjadinya kebakaran.

"Dikumpulkan dibawa ke Puslabfor mabes Polri untuk dilakukan pemeriksaan secara laboratoris guna mengetahui asal mula api dan penyebab terjadinya kebakaran di KM Bandar Bestari," tuturnya.

KM Bandar Bestari Angkut Semen-Mobil

Berdasarkan keterangan yang diterima dari Kemenhub, Sabtu (27/11/2021), kapal tersebut memuat barang kelontong, semen 500 ton, dan material bangunan. Kapal itu juga mengangkut mobil 2 unit dengan jenis 1 unit pikap dan 1 unit truk. Adapun jumlah ABK sebanyak 14 personel.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan kerugian material belum dapat dipastikan," kata Kepala Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Chaerul Awaluddin, Sabtu (27/11).

Insiden kapal terbakar ini terjadi sekitar pukul 15.30 WIB Sabtu sore. Saat ini KM Bandar Bestari telah berhasil ditarik ke kolam pelabuhan.

"Setelah mendapat laporan, quick response team (QRT) KSOP Sunda Kelapa langsung menuju lokasi untuk memadamkan api. Dan saat ini kapal KM Bandar Lestari telah berhasil ditarik keluar kolam pelabuhan," ujarnya.

Chaerul mengatakan kapal milik PT Tropic tersebut secara visual terbakar hanya di atas dek. Serta muatan yang terbakar terbuat dari bahan asbes/fiber.

Pemadaman dilakukan bersama Damkar IPC Sunda Kelapa dan Damkar penjaringan. Sebanyak 6 unit mobil pemadam dikerahkan ke lokasi.

"Api berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB, saat ini dalam proses pendinginan, dibantu tim quick response Kapal Patroli P-348 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok," ungkapnya.

(mea/mea)