Buruh Kecewa Usai Audiensi, Ancam Demo Sampai Tuntutan Dipenuhi

Wildan Noviansyah - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 19:58 WIB
Juru bicara dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos
Juru bicara dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos (Wildan Noviansah/detikcom)
Jakarta -

Perwakilan massa Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) telah melakukan audiensi dengan dengan perwakilan pemerintah soal upah minimum kerja. Gebrak menilai hingga saat ini tuntutan pihaknya belum tercapai.

"Tadi kita diterima oleh perwakilan dari Istana, ada Deputi 3 dan Deputi 4. Belum terealisasikan, termasuk persoalan upah layak," kata juru bicara dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Nining Elitos kepada wartawan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Senin (29/11/2021) sore.

Nining mengatakan pihaknya kecewa atas hasil audiensi. Dia mendesak pemerintah mendengar aspirasi kaum buruh.

"Kami sangat kecewa. Di mana seharusnya pemerintah mendengar mayoritas rakyat hari ini," ujar dia.

Nining menuturkan tidak ada jaminan ataupun tenggat waktu yang diberikan pemerintah terkait realisasi tuntutan buruh. Pemerintah, kata Nining, hendak berdiskusi dulu soal poin-poin yang menjadi tuntutan kaum buruh.

"Pemerintah tidak memberikan jaminan. Dia (pemerintah) tidak memberikan waktu berapa lama, tapi mereka bilang akan berkomunikasi. Kita lihat saja," ucap dia.

Untuk diketahui, sebelum berunjuk rasa di area Patung Kuda, massa buruh terlebih dulu berunjuk rasa di depan Gedung Balai Kota DKI Jakarta siang tadi.

Nining mengatakan ke depan pihak buruh akan terus menggelar serangkaian aksi. Unjuk rasa, lanjut Nining, akan terus dilakukan sampai tuntutan kaum buruh direalisasikan.

"Kita terus aksi, sampai keluar diskresi tentang upah layak secara nasional. Mulai besok akan terjadi aksi di berbagai kota dan daerah. Terus melakukan aksi dan perjuangan untuk mendesak (pemerintah, red)," pungkasnya.

Simak video 'Demo Buruh di Patung Kuda Selesai, Massa Bubarkan Diri dengan Tertib':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)