Demo Buruh Selesai, Kawat Berduri di Jalan Medan Merdeka Barat Dibongkar

Wildan Noviansyah - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 18:41 WIB
Demo buruh di Patung Kuda bubar, polisi bongkar kawat berduri
Demo buruh di Patung Kuda bubar, polisi membongkar kawat berduri. (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) yang menggelar aksi di Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, membubarkan diri. Kawat berduri yang sebelumnya dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat pun dilepas.

Berdasarkan pantauan detikcom di lokasi, Senin (29/11/2021), para peserta aksi mulai membubarkan diri pada pukul 18.00 WIB. Massa membubarkan diri ke arah Sudirman-Thamrin, ada pula ke arah Balai Kota DKI Jakarta.

Petugas kepolisian tampak menggulung kawat yang dipasang di bawah JPO di dekat Patung Kuda. Kawat berduri di dekat pintu Monas juga dibuka.

Kendaraan taktis polisi yang sebelumnya terparkir di tengah jalan juga tampak meninggalkan lokasi aksi. Selain itu, terlihat petugas kebersihan atau 'Pasukan Oranye' membersihkan lokasi unjuk rasa.

Jalan Medan Merdeka Barat kemudian dibuka kembali pada pukul 18.09 WIB. Kendaraan pun sudah bisa melintas dan lalu lintas terpantau lancar.

Hingga saat ini, petugas kepolisian masih melakukan penjagaan agar lalu lintas di sekitar lokasi berjalan normal.

Sebelumnya, buruh menuntut agar upah dinaikkan. Saat aksi, mereka juga sempat membaca puisi 'Perjuangan' Wiji Thukul.

"Apabila usul ditolak tanpa ditimbang. Suara dibungkam kritik dilarang tanpa alasan. Dituduh subversif dan mengganggu keamanan, maka hanya ada satu kata: lawan!" ucap massa aksi saat membacakan puisi karya Wiji Thukul di lokasi.

Selain itu, perwakilan massa buruh juga melakukan audiensi ke Kantor Staf Kepresidenan. Mereka menyampaikan tuntutan mengenai kenaikan upah dan UU Cipta Kerja.

""Kita menuntut kepada pemerintah agar hari ini bertemu dengan kita, kita menyampaikan tuntutan kita, dan supaya mendapat respon positif hari ini dari presiden," kata Juru bicara Gebrak, Nining Elitos.

(lir/lir)