Viral PJR Diduga Pungli Sopir Pikap di Tol Kemayoran, Polda: Video Lama

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:57 WIB
Oknum PJR diduga pungli sopir pikap
Oknum PJR diduga pungli sopir pikap (Tangkapan layar video)
Jakarta -

Sebuah video memuat dugaan tindakan pungutan liar (pungli) yang diduga dilakukan oleh oknum anggota Patroli Jalan Raya (PJR). Dugaan pungli itu terjadi di Tol Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam video viral itu, awalnya terlihat polisi lalu lintas menghentikan sebuah mobil pikap warna hitam dengan nomor polisi F-8026-VB. Tak berselang lama pengemudi mobil pikap keluar dari mobil.

Video diambil dari dalam mobil yang berada di belakang pikap. Tidak lama setelah itu, pengendara mobil ini turun dari kendaraannya dan menghampiri polantas di lokasi.

Terlihat dua pengemudi tersebut dan polantas terlibat percakapan. Tidak berselang lama, dua pengemudi memberikan sesuatu yang diduga uang kepada polantas tersebut.

Polantas itu lalu memasukkan pemberian dari dua pengemudi itu ke sakunya. Setelah adanya 'transaksi' tersebut, kedua pengemudi itu kemudian bergegas kembali ke kendaraannya.


Penjelasan Polda Metro

Dimintai konfirmasi terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo membenarkan peristiwa dugaan pungli itu. Namun dia menyebut peristiwa itu merupakan kejadian lama.

"Informasi awal itu video lama. (Peristiwa) tahun 2018 yang di-upload lagi," kata Sambodo saat dihubungi, Senin (29/11/2021).

Menurut Sambodo, pihaknya pun telah melakukan penyelidikan hingga penindakan kepada polantas tersebut. Polantas dalam video itu pun disebut telah diberi sanksi.

"Sudah disidang dan ditindak tahun 2018," ujar Sambodo.

Sambodo menambahkan, polantas tersebut telah dipindah tugas dari jabatan sebelumnya.

"Pada waktu itu yang bersangkutan sudah dipindah tour of area," tutur Sambodo.

(ygs/mea)