Massa KSPI Bubar, Lalin di Depan Balai Kota DKI Kembali Dibuka

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:51 WIB
Massa KSPI Bubar, Lalin di Depan Balai Kota DKI Kembali Dibuka
Massa KSPI Bubar, Lalin di Depan Balai Kota DKI Kembali Dibuka (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Aksi yang digelar oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di depan Balai Kota DKI Jakarta telah selesai. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan dibuka kembali.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (29/11/2021), massa mulai membubarkan diri sekitar pukul 15.10 WIB. Tampak mobil komando dan kerumunan massa mulai bergerak meninggalkan gedung Balai Kota DKI Jakarta.

Mayoritas peserta aksi tampak pulang dengan menggunakan sepeda motor. Terlihat sejumlah barrier berwarna oranye yang sebelumnya terpasang di tengah Jalan Medan Merdeka Selatan mulai diangkut polisi.

Tampak sejumlah petugas kebersihan membersihkan sampah di sekitar lokasi. Arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan yang sebelumnya ditutup karena ada aksi unjuk rasa dan kedatangan massa buruh Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) kini sudah kembali normal.

Seperti diketahui, massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencabut surat keputusan (SK) tentang upah minimum provinsi (UMP) 2020.

Aksi tersebut ternyata disambut baik oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies datang menemui massa aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta.

Saat menemui buruh, Anies menyampaikan keberatan atas upah minimum provinsi (UMP) yang diterapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Anies menyebut angka kenaikan itu tidak cocok jika diterapkan di DKI Jakarta karena dinilai terlalu kecil.

"Kita mengatakan formula ini tidak cocok untuk diterapkan di Jakarta. Formula ini kalau diterapkan di Jakarta tidak sesuai. Kami pun berpandangan ini angka yang terlalu kecil untuk buruh di Jakarta," ujar Anies.

(rak/knv)