Tiga Alasan Anies Tunjuk Sekjen IMI Jadi Ketua Pelaksana Formula E

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:16 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap tiga alasan mengapa Politikus NasDem Ahmad Sahroni ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana Formula E. Anies mengatakan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) itu ditunjuk lantaran berpengalaman dalam kegiatan ajang balap mobil.

"Pertama, Pak Saroni adalah seorang yang berpengalaman di dalam kegiatan balap mobil, di dalam kegiatan raising yang amat diperlukan ketika kita melaksanakan sebuah kegiatan seperti Formula E," kata Anies saat jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Alasan kedua ialah Sahroni merupakan ketua perkumpulan mobil listrik. Anies ingin Formula E membawa pesan transformasi moda transportasi bebas emisi seperti kendaraan berbasis listrik.

"Kedua, beliau adalah ketua perkumpulan mobil listrik. Yang kita tahu Formula E adalah sebuah balap mobil dengan menggunakan energi listrik, karena itu kita sama-sama menyadari bahwa Formula E ini juga untuk membawa pesan kepada semua, bahwa kita perlu mulai bersiap untuk melakukan transformasi kepada moda transportasi yang bebas emisi, salah satunya adalah kendaraan berbasis listrik," ujarnya.

Alasan berikutnya, Anies menaruh harapan kepada Sahroni agar menjembatani regulasi internasional terhadap pelaksanaan di lapangan. Anies berharap sebagai perwakilan Formula E Operation, Sahroni bisa melakukan peran tersebut.

"Ketiga, karena posisi beliau sebagai Sekjen IMI yang merupakan perwakilan FEO di Indonesia, sehingga diharapkan bisa menjadi jembatan di dalam pelaksanaan nanti antara apa yang menjadi regulasi internasional, apa yang menjadi ketentuan-ketentuan dengan pelaksanaan di lapangan itu yang nanti diharapkan bisa menjadi peran," ucap Anies.

Lebih lanjut Anies berharap Formula E bisa berjalan dengan baik. Dia pun merasa bangga Ketua Pelaksana Formula E merupakan warga asli Jakarta.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada Pak Sahroni yang bersedia untuk menerima tugas besar ini. Kita berharap pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan tidak lupa tentu kita bangga karena yang ditugasi adalah warga Jakarta, asli dari Tanjung Priok yang memang ditugasi, nantinya menjadi sebuah even yang menempatkan Jakarta dan Indonesia di kancah global. Semoga ini dimudahkan dalam perjalanan," kata dia.

(dek/mae)