Jokowi di HUT Korpri: Perkokoh Integritas, Jangan Pungli!

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 11:35 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk memperkokoh integritas. Jokowi tak ingin ada lagi pungutan liar dan tindakan yang memberatkan warga.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam HUT ke-50 Korpri seperti disiarkan virtual, Senin (29/11/2021). Pesan mengenai integritas ini merupakan poin ketiga dari 4 hal yang diminta Jokowi kepada anggota Korpri untuk dipedomani.

"Bangun dan perkokoh integritas aparatur, ciptakan birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel. Jangan mempersulit, mengambil pungutan liar dan memberatkan masyarakat. Bangun pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme," kata Jokowi.

Pesan lainnya yang disampaikan Jokowi adalah mengenai nilai dasar sama. Jokowi meminta seluruh anggota Korpri terus bekerja yang berorientasi terhadap pelayanan.

"Setiap anggota Korpri dalam berbagai jabatan harus memiliki nilai dasar yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Pegang teguh core values aparatur sipil negara. Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif," ujar Jokowi.

Jokowi meminta anggota Korpri melakukan terobosan dan inovasi berkelanjutan. Setiap lembaga diminta untuk meningkatkan kolaborasi.

"Ubah mindset cara pikir dan cara bekerja, hindari ketidakefisienan, kerumitan, hanya masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor saja. Untuk itu setiap dinas, kementerian, maupun lembaga agar berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi, terapkan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan," ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta anggota Korpri memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Seluruh elemen bangsa diharapkan dapat mewujudkan Indonesia maju.

"Menjaga NKRI, Pancasila, konstitusi dan Bhineka Tunggal Ika. Menjalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa untuk bersama sama mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," ujar Jokowi.

Lihat juga video 'Jokowi Dorong Pemimpin Negara Asia dan Eropa Bantu Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/fjp)