Aturan Terbaru Karantina Cegah Corona Varian Omicron Masuk RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 07:01 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi Corona (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

Pemerintah mengambil sejumlah langkah usai merebaknya virus Corona varian Omicron dari Afrika. Salah satunya adalah mengubah aturan karantina bagi orang-orang yang baru datang dari luar negeri.

Berikut sejumlah aturan yang diterapkan pemerintah untuk menghadapi Corona varian Omicron:

Tutup Akses WNA dari Afrika hingga Hong Kong

Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada beberapa negara yang mengalami penyebaran Corona varian Omicron. Indonesia akan menutup akses WNA yang telah melakukan perjalanan dari beberapa negara. Aturan pelarang itu berlaku mulai hari ini.

"Kita tidak bisa mengesampingkan kemungkinan varian omicron ini sudah menyebar ke lebih banyak negara," kata Luhut dalam konferensi pers, Minggu (28/11/2021).

Luhut menyebut negara-negara yang aksesnya ditutup karena varian baru tersebut. Ada 10 negara yang ditutup, hanya Hongkong negara non Afrika yang terkena imbas penutupan.

"Pelarangan WNA yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari dari negra-negara Afrika Selatan, Rwanda, Nabibia, Zimbabwe, Lesoto, Munzabik, Eswatini, Melawi, Anggola, dan Hongkong," kata Luhut.

Alasan WNA dari Hong Kong Dilarang Masuk RI

Pemerintah Indonesia memasukkan Hongkong menjadi salah satu negara yang aksesnya ditutup akibat varian virus Corona Omicron. Luhut mengatakan, ada beberapa negara yang telah ditemukan kasus varian Omicron. Untuk itu, Indonesia akan menutup akses WNA yang telah melakukan perjalanan dari beberapa negara.

"Kita tidak bisa mengesampingkan kemungkinan varian omicron ini sudah menyebar ke lebih banyak negara," kata Luhut.