KM Entebe Ekspres Terdampar di Perairan Mateng, 144 Crew-Penumpang Selamat

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 23:51 WIB
KM Entebe Ekspres terdampar di Perairan Lumu, Kabupaten Mamuju Tengah.
KM Entebe Ekspres terdampar di Perairan Lumu, Kabupaten Mamuju Tengah (Foto: Abdy/detikcom)
Mamuju Tengah -

Kapal Motor (KM) Entebe Ekspres terdampar di Perairan Lumu, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat (Sulbar). Kapal yang berangkat dari Kalukku, Sulbar menuju Bontang, Kalimantan Timur ini sempat terombang ambing akibat hantaman gelombang tinggi.

Dilihat detikcom, Minggu (28/11/2021), dalam sejumlah potongan video pendek yang beredar di media sosial, terlihat kapal dalam kondisi miring di perairan yang tak jauh dari pantai. Tampak juga sekoci yang diduga membawa penumpang untuk menyelamatkan diri berada di pantai.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Arif Anwar, mengatakan laporan peristiwa terdamparnya kapal diterima pada Minggu siang (28/11), sekitar pukul 15:30 Wita.

"Setelah dilakukan pengecekan kebenaran informasi kepada Kantor UPP Kelas I Mamuju, diketahui nama kapal tersebut, dengan rute Mamuju-Bontang," kata Arif melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Minggu (28/11/2021) malam.

Berdasarkan laporan itu, Arif mengaku langsung mengirim dua tim rescue menuju lokasi. "Dua tim rescue yang diberangkatkan, menggunakan dua unit rescue car melalui jalur laut, dan 1 unit rubber boat melalui jalur laut," ucapnya.

Dari hasil koordinasi dengan tim yang sudah lebih dulu berada di lokasi, seluruh penumpang dan crew kapal yang totalnya mencapai 144 orang dipastikan selamat. Untuk kepentingan lebih lanjut, seluruh penumpang dan crew kapal dievakuasi menuju Desa Lumu, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mateng.

"Jumlah orang yang berada di atas Kapal KM Entebe Express, 81 orang penumpang dari Mamuju ke Bontang, 45 orang penumpang dari Budong-Budong ke Bontang, dan 18 crew kapal, sehingga total jumlah POB sebanyak 144 orang," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: