detikcom Do Your Magic

Disorot Soleh Solihun, DKI Perbaiki Tutup Sumur Resapan Rusak di Jaksel

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 16:21 WIB
Sumur resapan.
Foto: Dok. Pemprov DKI
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengatakan penutup sumur resapan di Jalan Intan, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, telah diperbaiki. Hal ini sebagai tindak lanjut dari aduan komika Soleh Solihun yang mengeluhkan sumur resapan di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menjelaskan penutup sumur resapan yang rusak itu baru penutup sementara. Saat ini, vendor yang membangun sumur resapan itu tengah menggantinya dengan penutup baru.

"Penutup drainase vertikal di Jl Intan yang rusak tersebut adalah penutup sementara, saat ini oleh vendor yang bersangkutan sedang dilakukan perbaikan dan penggantian penutup jenis heavy duty (beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas," kata Yusmada dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2021).

Lebih lanjut Yusmada menerangkan saat ini sejumlah lokasi sumur resapan masih dalam proses pengerjaan, termasuk yang berada di Jl Intan. Nantinya, sumur resapan yang berada di jalan raya, tentunya menggunakan penutup yang tahan terhadap beban kendaraan.

"Saat ini pekerjaan drainase vertikal masih dalam masa konstruksi yang menjadi tanggung jawab vendor/rekanan pelaksana yang bersangkutan," imbuhnya.

Pemprov DKI Jakarta menyampaikan, pihaknya akan mengoptimalkan pembuatan sumur resapan di berbagai titik. Tujuannya agar dapat menampung, menyimpan dan menambah cadangan air tanah.

Tak hanya itu, sumur resapan juga diyakini dapat mengurangi limpasan air hujan ke saluran pembuangan dan badan air lainnya sehingga mencegah timbulnya genangan dan banjir sekaligus bermanfaat pada musim kemarau.

Sebelumnya diberitakan, komika Soleh Solihun sempat mengeluhkan sumur resapan atau drainase vertikal yang rusak di Pondok Labu, Jakarta Selatan (Jaksel). Termasuk salah satunya di Jalan Intan.

"dear @DinasSDAJakarta ini galian drainase vertikal di jalan intan, belum ada sebulan usianya, udah hancur bahkan berlubang. membahayakan pengendara, nih," cuit Soleh, Jumat (26/11).

Simak juga 'Sumur Resapan di Atas Trotoar yang Disoal Warga dan Tanggapan Riza':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)