Ikut Hari Menanam Pohon, TASPEN: Ikhtiar Jaga Kelestarian Lingkungan

Angga Laraspati - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 12:30 WIB
TASPEN Ikut Kegiatan Hari Menanam Pohon di Kementerian BUMN
Foto: TASPEN
Jakarta -

PT TASPEN (Persero) mengikuti kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN. Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Kementerian BUMN, hari ini dan secara serentak berjumlah 6 titik lainnya di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir, Pgs. Corporate Secretary TASPEN Hari Kusuma Yuda Perwira, Pejabat Eselon I Kementerian BUMN serta perwakilan Milenial BUMN.

Erick Thohir mengatakan kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui Program TJSL untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) serta strategi yang berfokus untuk pendidikan, lingkungan hidup dan UMKM.

Menurutnya, gerakan kolaborasi #BUMNHijaukanIndonesia ini memiliki dampak bukan hanya untuk BUMN tetapi untuk seluruh masyarakat di Indonesia kini dan nanti.

"Dampak dari penanaman pohon ini akan menjadikan udara lebih bersih, mengurangi dampak pemanasan global, menyerap polusi udara, membantu mencapai target emisi nol pada tahun 2060 dan juga menjawab isu dekarbonisasi," kata Erick dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11/2021).

Sementara itu, Pgs. Corporate Secretary TASPEN Hari Kusuma Yuda Perwira mengatakan TASPEN sangat memahami pentingnya pelestarian lingkungan dalam menciptakan lingkungan sosial yang baik. Karena itu, TASPEN turut andil dalam kegiatan menanam pohon tersebut.

"Upaya penanaman pohon ini merupakan ikhtiar kami dalam menjaga kelestarian lingkungan, guna menciptakan kehidupan yang baik dan membantu mengendalikan perubahan iklim yang terjadi. Ke depan, TASPEN akan tetap berkomitmen untuk turut menjaga lingkungan dan tidak menutup kemungkinan akan dilakukan kegiatan serupa di kemudian hari dan dengan skala yang lebih besar," imbuhnya.

Sebagai informasi, Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini turut dilaksanakan secara serentak pada 6 lokasi seluruh Indonesia dengan perwakilan beberapa BUMN antara lain, Danau Toba provinsi Sumatera oleh Inalum Utara, Wai Sekampung provinsi Lampung oleh Pelindo, Kota Pekanbaru Provinsi Riau oleh PTPN V, Kota Rangkasbitung provinsi Banten oleh PTPN VIII, Kota Batu provinsi Jawa Timur oleh Pupuk Indonesia dan Kota Makassar provinsi Sulawesi Selatan oleh Pertamina.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan Launching Program Bulan Menanam Pohon Nasional dan Donasi Pohon oleh pegawai BUMN, dimana hasil dari Donasi Pohon yang terkumpul tersebut nantinya akan dibelikan bibit pohon endemik yang akan ditanam di Danau Toba, Sumatera Utara.

Melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, setiap tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada seluruh masyarakat di Indonesia mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang ada serta mencegah adanya kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Berkaitan dengan hal tersebut, TASPEN melalui Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mendukung adanya program menanam pohon dengan ikut serta dalam aksi-aksi sosial seperti Penanaman Pohon Green Program di Purwakarta, Jawa Barat serta akan ikut andil dalam kegiatan Penanaman Pohon di Mandalika dan Madura dalam waktu dekat.

Simak juga 'Dilema Mobil Listrik: Ramah Lingkungan, Tapi Jutaan Pekerjaan Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)