Menteri KKP Ikut Makan Ikan Bersama 13 Negara

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 11:56 WIB
Menteri KKP Wahyu Trenggono makan ikan bersama sedunia (Dok. Humas KKP)
Menteri KKP Wahyu Trenggono makan ikan bersama sedunia (Dok. Humas KKP)
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KKP) Sakti Wahyu Trenggono mengikuti gelaran makan ikan secara serentak di 34 provinsi dan 13 negara secara daring. Selain itu, mereka menyiapkan menu ikan masing-masing.

Acara ini digelar pada Kamis (25/11/2021) lalu dalam momen perayaan puncak Festival Ikan Nusantara (FINA) 2021 yang diselenggarakan bersamaan dengan puncak Hari Ikan Nasional (Harkannas) 2021.

Dalam perayaan yang dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Rektor IPB Arif Satria. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Trenggono berharap kebutuhan protein masyarakat bisa terpenuhi dari ikan. Menurutnya, KKP memiliki 3 program terobosan guna memastikan keberlanjutan sumber daya ikan.

"(Kita) mengelola sumber daya kelautan tetap sehat supaya hasilnya bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia," ujar Menteri Trenggono dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11).

Adapun ketiga terobosan KKP ialah penangkapan ikan secara terukur guna meningkatkan kesejahteraan nelayan, kemudian perikanan budidaya untuk meningkatkan ekspor yang didukung dengan riset kelautan dan perikanan. Terakhir, pembangunan kampung-kampung perikanan budi daya air tawar, payau, dan laut berbasis kearifan lokal.

Menteri Trenggono juga meminta IPB sebagai akademisi untuk melahirkan riset lebih mendalam tentang kelautan dan perikanan. Riset riset tersebut sangat dibutuhkan untuk pengembangan perikanan dan pengelolaan Laut yang benar.

Simak juga 'Menteri Trenggono Jelaskan Makna Logo Baru KKP':

[Gambas:Video 20detik]