Tentang Demensia yang Jadi Penyebab Kecelakaan Bak GTA di Tol JORR

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 10:04 WIB
Dementia written in wooden cubes on a table from well ordered to chaotic
Ilustrasi Demensia (Thinkstock)
Jakarta -

Tabrakan 3 kendaraan di Tol JORR Rorotan menuju Cikunir akibat mobil Mercedes-Benz E300 melawan arus bak di game GTA diduga karena pengemudi Mercy tersebut mengalami demensia. Demensia merupakan kondisi ketika kecerdasan mental menurun.

Demensia umumnya disebabkan oleh penyakit Alzheimer. Para ahli masih mencari tahu apa penyebab pasti seseorang mengalami Alzheimer. Penyakit Alzheimer ini termasuk penyakit yang umum menyerang lansia.

Secara ringkas, Alzheimer diyakini terjadi karena adanya penggumpalan protein beta-amyloid. Penggumpalan protein ini menyebabkan otak dipenuhi plak dan menurunkan fungsinya.

Namun penelitian sudah membuktikan bahwa demensia merupakan salah satu ciri utama penyakit Alzheimer. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tidak mengingat nama anggota keluarga hingga yang paling buruk, mengalami penurunan kecerdasan mental menjadi seperti anak-anak.

Demensia ini umum terjadi pada orang-orang yang sebelumnya pernah mengalami serangan stroke. Secara singkat, otak mengalami penurunan fungsi akibat kurangnya asupan oksigen dan nutrisi, karena terhambatnya aliran darah di otak.

Pasien demensia juga biasanya mengalami kesulitan berjalan dan tingkat keseimbangan yang rendah.

Simak video 'Detik-detik Mercy Lawan Arah di Tol JORR Sebelum Tabrakan':

[Gambas:Video 20detik]