Ajak Cintai Bumi, Blibli Tanam 1.000 Bibit Pohon di Kabupaten Rembang

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 08:03 WIB
Penanaman Pohon di Rembang
Foto: detikcom/Jihaan Khoirunnisaa
Rembang -

Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia, Blibli bersama Bakti Lingkungan Djarum Foundation mengadakan kegiatan tanam 1.000 bibit pohon di Kabupaten Rembang pada Kamis (25/11) lalu. Ini juga menjadi bagian dari kampanye #AksiCintaBumi untuk mengedukasi pentingnya gaya hidup yang mendukung keberlangsungan lingkungan.

Chief Operating Officer BLIBLI, Lisa Widodo mengatakan kampanye #AksiCintaBumi merupakan inisiatif dari e-commerce lokal untuk menjadikan belanja daring lebih ramah lingkungan dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam mengurangi masalah sampah di Indonesia.

"Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tahun 2020 sampah Indonesia lebih dari 67,8 juta ton. Hanya 55 persen yang diolah dengan baik. Sisanya masih menjadi PR bersama. Kami sebagai pelaku industri juga memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi ini," katanya pada acara 'Penanaman 1.000 Bibit Pohon' di lapangan GOR Kabupaten Rembang, dikutip Minggu (28/11/2021).

Adapun pohon yang ditanam terdiri dari 350 pohon berbunga, 200 pohon buah, dan 450 pohon penghijauan. Lisa mengatakan pemilihan jenis pohon tersebut bukan tanpa alasan, melainkan sebagai bentuk representasi ekosistem perusahaan yang beragam.

"ini kombinasi untuk merepresentasikan keberagaman. Kita merasa di Blibli salah satu platform terbesar. Banyak keberagaman, banyak warna. Dari segi konsumen (maupun) produk. Jadi dibuat sewarna-warni, seberagam mungkin," tuturnya.

Lebih lanjut, Lisa memaparkan pohon yang ditanam adalah hasil dari pengumpulan 10 ribu kardus bekas dari para pelanggan sebagai rangkaian kampanye Blibli Cinta Bumi.

"Blibli Cinta Bumi ini merupakan inisiatif program sustainability yang kami luncurkan pada 21 Februari 2020, pada momen Hari Peduli Sampah Nasional, di mana konsumen bisa mengembalikan kardus ke armada kurir yang bernama BES, dititipkan kardus bekas belanja. Kami daur ulang (menjadi filler material) dengan mesin yang kami buat secara lokal. Kardus bekas diolah supaya tetap aman digunakan dan terjamin," jelasnya.

Kardus bekas belanja tersebut selain bisa dikembalikan melalui armada kurir bernama BES, pelanggan dapat mengembalikan ke tempat pengumpulan kardus (collection boxes) yang tersebar di 5 titik di Jabodetabek.

Diungkapkan Lisa, ke depan pihaknya akan terus melanjutkan kampanye #AksiCintaBumi. Dia berharap bisa menggaet lebih banyak pihak, baik konsumen, seller, maupun mitra Blibli untuk ikut berperan aktif dalam mendukung kelestarian alam dan lingkungan Indonesia.

"Sekarang ini kan 10 kardus dihargai 1 bibit, dan kami akan terus menerima kembali kardus pengiriman. Tentu saja kami juga akan menghadirkan terobosan dan ide ke depannya agar sejalan dengan semangat sustainability business Blibli bertujuan menjadi perusahaan e-commerce yang memiliki dampak negatif yang minimal terhadap lingkungan, masyarakat, baik masyarakat ekonomi global maupun masyarakat lokal," tuturnya.

Klik halaman selanjutnya >>>