Jika Tak Dapat Izin Reuni, PA 212 Bakal Ubah Konsep Acara Jadi Aksi Damai

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 21:49 WIB
Massa Reuni Akbar Mujahid 212 memutihkan kawasan Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018). Begini penampakannya dari ketinggian.
Ilustrasi Reuni 212 di Monas (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Reuni 212 yang rencananya akan dilakukan di Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus) belum mendapat lampu hijau dari kepolisian. PA 212 masih berupaya agar reuni itu bisa dilaksanakan di Patung Kuda pada awal Desember mendatang.

"Sampai saat ini kan kita masih berusaha untuk memenuhi apa yang disyaratkan oleh Kepolisian yaitu rekomendasi dari Satgas COVID-19, rencana insyaallah besok Senin kita akan ada pertemuan dengan Pemprov DKI dalam hal ini diwakili asisten tata pemerintahan dan juga ada tim dari Gugus Tugas COVID," kata Ketua Panitia Reuni 212, Eka Jaya kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

Eka mengatakan pihaknya masih berupaya agar persyaratan untuk mengajukan permohonan reuni terpenuhi untuk diajukan ke Polisi. Bila Reuni 212 masih tak mendapat lampu hijau dari polisi, panitia berencana menggelar aksi damai.

"Artinya kita masih tetap berusaha untuk bisa memenuhi persyaratan dari Polda biar izin itu tetap keluar. Andaikan tidak keluar, dari Polda tidak mengizinkan ya mau tidak mau kami akan melakukan konsepnya berubah jadi aksi damai," jelasnya.

Ketua Umum Ormas Pengacara dan Jawara Bela Ummat (PEJABAT) itu mengatakan aksi damai itu akan tetap dilakukan di Patung Kuda, Jakpus. Dia mengatakan aksi damai akan mengikuti protokol kesehatan.

"Bentuknya seperti kita demo turun ke jalan, aksi damai dalam artian kita tetap melakukan aksi super damai dengan segala bentuk pengamanan, ketertiban, kebersihan, kenyamanan semuanya akan kita lakukan bahkan dengan protokol kesehatan," tuturnya.

"Lokasinya tetap kita akan di Patung Kuda, karena simbol dari pada alumni Reuni 212 itu Monas," lanjutnya.