Relawan Erick Thohir Dukung Toilet SPBU Gratis: Sebuah Perubahan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 14:17 WIB
Toilet di salah satu SPBU di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Toilet di salah satu SPBU di Pekanbaru (Raja/detikcom)
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir telah menerbitkan Surat Edaran SE-16/MBUT11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN, salah satunya toilet di SPBU. Relawan Kerja Erick Thohir (Raket) Merdeka mendukung soal inisiasi tersebut.

"Kemarin kita lihat juga viral di pom bensin Pertamina ya kita lihat bersama ya itu sebuah perubahan ke depan tentunya, bukan hanya BUMN di level tinggi atau level menengah, tapi sampai level bawah, yang berhubungan dengan masyarakat langsung," kata Ketua Raket DKI Jakarta Ricko Wesly kepada wartawan, Jumat (27/11/2021).

Ricky mengatakan relawan yang beranggota sekitar 100 orang ini mendukung kinerja Erick Thohir. Deklarasi ditandatangani setiap anggota di sebuah kertas maupun spanduk.

"Hari ini kita Relawan Kerja Erick Thohir DKI Jakarta mendeklarasikan diri menyatakan sikap untuk mendukung kinerja Erick Thohir di pemerintahan. Kami juga melihat seperti yang tadi saya sampaikan di dalam kata sambutan kinerja Erick Thohir ke depan kita harapkan juga kita sudah lihat hasilnya," katanya.

Langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menggratiskan toilet di SPBU mendapatkan dukungan. (Azhar Bagas/detikcom)Langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang menggratiskan toilet di SPBU mendapatkan dukungan. (Azhar Bagas/detikcom)

Belum Dukung soal Pilpres 2024

Ricky menyebut deklarasi ini belum dalam konteks ke Pilpres 2024. Dia menegaskan dukungan yang diberikan hanyalah sebatas mengapresiasi kinerja Erick yang dinilai bagus.

"Nggak, tidak ke sana (pilpres). Jadi kita mendukung kinerja beliau di pemerintahan saat ini, sebagai Menteri BUMN, sebagaimana juga kami kemarin sudah mendeklarasikan relawan kerja Erick Thohir yang wanita," ujarnya.

Ricky menambahkan dukungan ini diberikan karena Erick Thohir sudah mengerjakan tugasnya dengan baik. Selain itu, Erick Thohir dinilai sudah mengubah sektor-sektor yang berpengaruh menjadi lebih baik.

"Kita melihat beliau sebagai figur yang positif yang bisa memberikan energi, yang artinya di dalam seperti disampaikan artinya beliau di mana BUMN juga banyak berhubungan dengan hajat hidup orang banyak, tentunya di situ kan sektor-sektor yang sangat berpengaruh, ini kita harapkan juga di masa kepemimpinan beliau bisa membawa perubahan BUMN ke depan," katanya.

Diketahui, Erick Thohir menerbitkan Surat Edaran SE-16/MBUT11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN. Dalam aturan ini dia meminta semua fasilitas umum yang dikelola BUMN harus bisa dinikmati masyarakat secara gratis.

Aturan ini dikeluarkan Erick Thohir setelah dirinya menemukan ada fasilitas toilet di SPBU Pertamina berbayar. Adapun surat edaran terbaru ini diteken Erick tanggal 24 November lalu, dua hari setelah dia menemukan adanya toilet SPBU yang berbayar.

"Pemberian layanan oleh BUMN yang di dalamnya terdapat gasilitas umum dan fasilitas sosial agar senantiasa dilakukan perawatan, pemeliharaan, dan pengelolaan yang memadai sehingga memberikan dampak optimal dan tidak membebani bagi masyarakat yang menggunakannya. Tidak dipungut biaya bagi masyarakat pengguna," bunyi Surat Edaran yang diteken Erick, dikutip Jumat (26/11).

Dalam surat edaran tersebut, Erick juga meminta fasilitas umum dan fasilitas sosial BUMN harus memadai dan terawat dengan baik agar menjadi bagian dari standar kualitas layanan yang dilakukan BUMN.

"Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas BUMN diminta untuk mengawasi pelaksanaan surat edaran ini," tulis surat edaran tersebut.

(azh/jbr)