PKB: Pengeroyok AKBP Dermawan Rusak Nama Baik Pemuda Pancasila

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 06:52 WIB
Jazilul Fawaid
Jazilul Fawaid (Foto: MPR)
Jakarta -

Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali dikeroyok oleh anggota ormas Pemuda Pancasila saat mengamankan unjuk rasa di Gedung DPR tempo hari. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menilai ulah pelaku pengeroyokan justru merusak nama baik Pemuda Pancasila.

"Hemat saya, para pelaku pengeroyokan itu juga telah merusak nama baik Pemuda Pancasila pasti akan ada tindakan disiplin organisasi," ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid kepada detikcom, Jumat (26/11/2021).

Jazilul mengaku sedih atas peristiwa pengeroyokan ini. Ia meminta semua pihak mengedepankan semangat Pancasila, yakni menghindari kekerasan sesama warga, apalagi aparat.

"Kami harap para pelakunya berani bertanggung jawab. Percuma ngumpet, aparat pasti mengejarnya," tutur Jazilul.

"Kita tahu Pemuda Pancasila bukan kumpulan para preman pelanggar hukum maka bertanggung jawab lah," lanjutnya.

Diketahui, AKBP Dermawan saat ini masih menjalani perawatan intensif di RS Polri Kramat Jati. Kondisi AKBP Dermawan dilaporkan stabil.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan AKBP Dermawan mengalami sejumlah luka di tubuhnya. AKBP Dermawan Karosekali juga mengalami luka di kepala akibat pukulan benda tumpul hingga nyeri di pinggang akibat ditendang oleh anggota Pemuda Pancasila.

"Luka hematoma akibat pukulan benda tumpul pada kepala serta luka-luka pada punggung," ungkap Sambodo.

Hematoma merupakan kondisi adanya darah yang tidak normal di luar pembuluh darah. Bahasa awamnya, hematoma adalah memar atau lebam.

"Nyeri pada pinggang kiri akibat tendangan berkali-kali," sambungnya.

Polisi telah menangkap satu orang yang diduga terlibat pengeroyokan kepada AKBP Dermawan. Polisi saat ini masih memeriksa satu orang tersebut dan mengejar pelaku lainnya yang terlibat pengeroyokan.

Simak video 'Pemuda Pancasila Janji Cari Anggotanya yang Pukul AKBP Dermawan!':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mae)