PP Kroscek Video Viral Pria Mendoktrin Anggotanya untuk Membunuh

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 06:00 WIB
Viral pria doktrin anggota Pemuda Pancasila untuk membunuh. Foto: tangkapan layar video viral dari grup WhatsApp.
Pria doktrin diduga anggota Pemuda Pancasila untuk membunuh (Foto: Tangkapan layar video)
Jakarta -

Sebuah video viral memperlihatkan seorang pria yang bicara di tengah sejumlah orang diduga anggota Pemuda Pancasila. Dalam video itu, pria tersebut mendoktrin anggota Pemuda Pancasila untuk membunuh.

"Nanti saya akan kroscek ada satu video yang masuk, yang katanya mulai viral bahwa seolah-olah ada yang mendoktrinasi. Ada (orang pakai) baju PP di situ 'bunuh saja...bunuh saja' itu nanti akan kami kroscek," kata Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum (BPPH) Pemuda Pancasila Razman Nasution kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/11) malam.

Razman menaruh kecurigaan terhadap pria tersebut. Karena menurutnya, Pemuda Pancasila tidak pernah mendoktrin anggotanya untuk membunuh.

"Kita curiga, karena itu doktrinasi. Karena kita tidak doktrin itu. Kenapa ada perintah (untuk membunuh)?" ujarnya.

Tetapi menurutnya, orang-orang yang memakai atribut Pemuda Pancasila di video itu belum tentu anggotanya.

"Tetapi kan baju PP boleh saja dipakai orang itu," katanya.

Video Viral di Medsos

Video tersebut memang viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat sejumlah pria sedang berkumpul di pinggir jalan.

Beberapa di antaranya terlihat memakai baju loreng oranye, seragam khas Pemuda Pancasila. Seorang pria aktif berbicara tampak memakai jaket dan celana loreng warna cokelat perpaduan dengan abu-abu.

"Jadi jangan pukulin mereka, jangan bacokin mereka, selain bunuh mereka ya hilangkan nyawanya," ujar pria tersebut, sementara yang lain manggut-manggut dan menjawab 'ya'.

Pria itu memerintahkan kepada orang-orang di sekelilingnya untuk membunuh jika ada pihak yang merusak posko Pemuda Pancasila atau mengganggu keluarga besar Pemuda Pancasila.

"Kalau berani keluarga besar PP apalagi posko. Kalau ada yang tanya, siapapun yang ngehubunginya, pulang ke rumah, duduk manis sama keluarganya, saya akan urusan dengan Polda. Saya akan bertanggung jawab," ujar pria itu.

"Nggak ada kata lain, nggak usah dikoordinasi, nggak usah dinegosiasi, bunuh! Ketika mereka berani ganggu keluarga besar, mereka berani posko Pemuda Pancasila," tutur pria itu yang disambut kata 'siap' orang-orang di sekelilingnya.

Tidak diketahui kapan dan di mana video itu diambil. Belum diketahui juga apa yang melatarbelakangi pria itu memerintahkan anggota Pemuda Pancasila untuk membunuh.

Simak video 'Ultimatum Polisi untuk Korlap Demo Ormas PP: Datang atau Dijemput!':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)