Pengurus Pemuda Pancasila Cek Anggotanya yang Ditahan di Polda Metro

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 21:18 WIB
Razman Arif Nasution datangi Polda Metro mengecek anggota Pemuda Pancasila yang ditahan polisi
Razman Arif Nasution mendatangi Polda Metro mengecek anggota Pemuda Pancasila yang ditahan polisi. (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pengurus pusat ormas Pemuda Pancasila (PP) menyambangi Polda Metro Jaya malam ini. Kedatangan mereka untuk mengecek kondisi anggota PP yang ditahan terkait demo ricuh di gedung DPR RI.

"Saya akan cek lagi berapa sebenarnya yang berpotensi akan menjadi tersangka itu nanti kita akan kolaborasi. Karena kita akan tanya ke seperti apa ke depannya," kata Ketua Badan Penyuluhan dan Pembelaan Hukum Pemuda Pancasila Razman Arif Nasution di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Razman mengatakan pihaknya hari ini juga datang untuk menemui penyidik Polda Metro Jaya. Dia akan berkoordinasi perihal bukti hingga sangkaan pasal kepada para tersangka.

"Saya juga ingin tahu berapa orang yang ditetapkan tersangka, apa yang disangkakan, kemudian bagaimana dengan pelaku yang diduga melakukan penganiayaan terhadap saudara bapak atau AKBP Dermawan Karosekali," ujar Razman.

Terkait masalah pendampingan hukum kepada para tersangka, Razman belum memberikan jawaban pasti. Dia mengaku hal itu akan diputuskan usai pihaknya bertemu dengan penyidik malam ini.

"Jadi sebenarnya ini tindak pidana itu ada ringan, ada sedang, ada berat. Nanti kita lihat nanti kepastiannya saya akan info semuanya kepada wartawan," ujar Razman.

Polda Metro Jaya diketahui telah menetapkan 16 anggota PP sebagai tersangka dari demo ricuh di gedung DPR RI pada Kamis (25/11). Ke-16 tersangka itu kini telah ditahan di Polda Metro Jaya.

Ke-16 tersangka tersebut dibagi dalam dua kelompok. Sebanyak 15 orang merupakan tersangka kepemilikan senjata tajam dan satu orang lainnya pelaku pemukulan terhadap Kabagops Ditlantas Polda Metro AKBP Dermawan Karosekali.

Simak Video: Ultimatum Polisi untuk Korlap Demo Ormas PP: Datang atau Dijemput!

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)