Beraksi 15 Kali, 3 Pencuri Modus Ganjal ATM di Bekasi Ditangkap

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 20:13 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Ilustrasi ATM (Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix)
Jakarta -

Polisi menangkap tiga pelaku pencurian dengan modus ganjal ATM yang beraksi di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebelum ditangkap, para pelaku disebut telah beraksi belasan kali.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, mengatakan ketiga pelaku yang diamankan berinisial P (37), N (32), dan N (41). Ketiganya saling berbagi peran dalam melancarkan aksinya.

"Tersangka P (37) peran ganjal lubang mesin ATM dan tukar kartu korban dengan kartu ATM serupa yang sudah disiapkan. Tersangka kedua N (32) peran sediakan tusuk gigi yang akan digunakan tersangka pertama untuk ganjal lubang. Tersangka ketiga inisial N (41) ikut antre di belakang korban untuk mengintai serta untuk mengintip kode PIN ATM," kata Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (26/11/2021).

Zulfan menyebut modus para pelaku adalah berpura-pura akan melakukan transaksi di mesin ATM yang sama dengan korban. Saat korban lengah, para pelaku melancarkan aksi sesuai dengan peran masing-masing.

"Setelah melihat ada korban yang akan mengantre atau bertransaksi di ATM yang sama, tersangka P segera memasukkan tusuk gigi ke lubang kartu mesin ATM dan mematahkan bagian yang tidak tertelan agar tidak terlihat oleh korban," ucapnya.

Kemudian, pelaku menunggu korban yang akan melakukan transaksi. Saat kartu ATM korban tertahan di mesin yang sudah diganjal tusuk gigi, pelaku berpura-pura menolong korban.

"Korban memasukkan kartu ATM-nya, namun tidak bisa masuk ke dalam mesin. Tersangka kemudian berpura-pura menolong korban dengan mencoba membantu memasukkan kartu ATM milik korban dan ditukar dengan kartu yang sudah disiapkan tersangka," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: