Polisi Ungkap Modus Penjambret yang Tabrak Satpam di Bekasi

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 18:48 WIB
Konferensi pers Polda Metro Jaya ungkap kasus jambret di Bekasi
Konferensi pers Polda Metro Jaya terkait kasus jambret di Bekasi (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengamankan dua penjambret yang beraksi di Perumahan Wahana Pondok Gede, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Polisi pun mengungkap modus kedua pelaku penjambretan tersebut.

"Terkait dengan kejahatan jambret ini, modus yang digunakan pelaku keliling gunakan sepeda motor cari sasaran pengendara lengah dengan barang bawaan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

"Ketika sudah temukan target, pelaku rampas barang bawaan korban dan melarikan diri," tambahnya.

Zulpan menyebut kedua penjambret yang diamankan itu berinisial I alias Entong (22) dan DDJ alias Acil (25). Keduanya, kata Zulpan, beraksi mencari korban untuk dijambret pada Selasa (9/11).

Penangkapan pelaku dipimpin oleh Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Handik Zusen, AKP Widy Irawan, AKP Saifudin Kanip, dan Ipda Aditya Sakti Yudobhakti. Polisi mengamankan kedua pelaku bersama barang buktinya berupa HP hingga sepeda motor.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindakan pencurian pemberatan (curat) dengan ancaman pidana 7 tahun penjara.

Untuk diketahui, aksi penjambretan di perumahan di Jatiasih, Kota Bekasi, membuat heboh warga. Seorang petugas satpam yang mencoba menggagalkan aksi penjambretan itu ditabrak pelaku hingga terpental.