Kemenkes Pastikan Varian Baru Corona B.1.1.529 Belum Masuk RI

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 17:04 WIB
Covid-19: Varian baru virus corona B.1.1.529 di Afsel, apa yang diketahui sejauh ini?
Foto: BBC World
Jakarta -

Muncul kasus varian baru COVID-19, B.1.1.529 atau varian Botswana, di Afrika. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memastikan varian Botswana belum masuk ke Indonesia.

"Belum (masuk ke Indonesia)," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dimintai konfirmasi, Jumat (26/11/2021).

Nadia mengatakan Indonesia tetap waspada terhadap varian baru COVID-19. Nadia menyebut Indonesia akan memperketat pintu masuk dari luar negeri.

"Perketat pintu masuk seperti saat ini dan patuhi karantina," ucapnya.

Sebelumnya, para ilmuwan di Afrika Selatan mengumumkan penemuan varian baru Corona tersebut, yang diberi label B.1.1.529, yang disebut sebagai pemicu lonjakan kasus di negara itu.

Negara seperti Singapura pun akan membatasi kedatangan dari tujuh negara Afrika, setelah Afrika Selatan menemukan varian baru COVID-19 yang dikhawatirkan membuat vaksin kurang efektif.

Seperti diberitakan AFP, Jumat (26/11), Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan semua warga non-Singapura dan orang-orang tanpa tempat tinggal permanen di negara itu yang memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke tujuh negara Afrika tersebut akan dilarang masuk atau transit melalui Singapura.

Kementerian menambahkan, pembatasan baru yang akan dimulai Minggu (28/11) mendatang tersebut berlaku untuk Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

(drg/imk)