DPR-Pemerintah Gelar Raker 6 Desember Bahas Pokok Perbaikan UU Ciptaker

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 16:38 WIB
Gedung DPR/MPR
Gedung DPR RI (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusannya memerintahkan pemerintah dan DPR RI memperbaiki UU Cipta Kerja atau Ciptaker. DPR akan menggelar rapat kerja (raker) bersama pemerintah pada awal Desember nanti.

"Kita akan raker nanti bersama pemerintah tanggal 6 Desember untuk membahas beberapa pokok, menyimak, mencermati putusan MK itu. Kan kita diberi waktu dua tahun untuk melakukan perbaikan-perbaikan, bisa melalui fungsi pengawasan dan lain sebagainya dan tentu kemudian kita akan rapat bersama dengan pemerintah di raker itu akan mungkin akan di-follow up dengan bentuk tim kerja bersama dan kemudian tidak akan mengambil kebijakan-kebijakan turunan berupa PP yang strategis seperti amanat MK itu yang menjadi concern kita," kata Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Willy Aditya kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

Willy belum mengetahui apakah raker perbaikan UU Ciptaker akan digelar Baleg atau tidak. Sebab akan diputuskan pimpinan DPR. Namun, selama ini, diketahui UU Ciptaker dibahas di Baleg.

"Bukan, bukan di Baleg. Nanti diputuskan di pimpinan, tapi kan selama ini untuk Prolegnas itu kan diwakili oleh Baleg dan kemarin panja Baleg juga yang membahas. Jadi tentu itu akan menjadi pembahasan waktu kami melakukan raker," ujarnya.

Dalam pembahasan perbaikan UU Ciptaker, Willy mengatakan akan mengundang seluruh pihak. Termasuk dari buruh, yang selama ini bertolak belakang dengan UU Ciptaker.

"Bukan hanya serikat buruh ya, tentu kami membuka diri seluas-luasnya dari masukan-masukan publik ya, salah satunya juga serikat terkait UMK, UMK, yang mereka bahas hari ini jadi tentu kami meminta input seluas-luasnya dari publik," ucap Willy.

(rfs/fas)