MAKI Ralat Ucapan Ultah ke Firli: Anda Tetap Layak Tiga Bintang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 15:11 WIB
Karangan Bunga MAKI ke Ketua KPK Firli Bahuri
Karangan Bunga MAKI ke Ketua KPK Firli Bahuri (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Ketua KPK Firli Bahuri pada hari ulang tahunnya sempat mendapatkan ucapan berupa karangan bunga yang bertulisan 'Anda Layak Dapat Empat Bintang'. Kini pengirim karangan bunga, yakni Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), meralat kata-kata itu. Kenapa?

Karangan bunga kedua yang dikirim kali ini bertulisan 'Pak Firli Anda Tetap Layak Tiga Bintang'. Karangan bunga itu terpajang di depan gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan ralat itu bukan maksud untuk menyampaikan satire. Boyamin menyebut Firli bukan tak layak mendapatkan bintang empat, mengingat Firli kini sudah memasuki masa pensiun.

"Bahwa pengiriman bunga pertama dan kedua adalah bukan dimaksudkan sebagai bentuk sindiran satire," kata Boyamin.

"MAKI menyadari Pak Firli telah memasuki usia pensiun sehingga tidak mungkin akan diberikan empat bintang dikarenakan tidak adanya aturan yang mendasarinya. MAKI tidak ingin dianggap tidak mengerti aturan dan tidak ingin dianggap intervensi sistem kepangkatan di Polri," tambahnya.

'Karangan Bunga Empat Bintang Dengan Ini Dicabut' tertulis di bagian bawah karangan bunga. Boyamin mendoakan Firli menuntaskan tugasnya sebagai Ketua KPK, walaupun sudah memasuki masa pensiun dari Polri.

"Pemberian pangkat setingkat di atasnya dalam keadaan tertentu adalah 'Anumerta', yaitu diberikan kepada anggota Polri/TNI yang gugur menjalankan tugasnya. Kami mendoakan Pak Firli sehat dan umur panjang untuk menuntaskan tugasnya sebagai Ketua KPK sehingga tidak diperlukan pangkat empat bintang," katanya.

Selanjutnya, Boyamin menyebut pangkat terkadang dipandang sebelah mata. Maka itu, Firli dianggap tak perlu bintang empat untuk menjabat Ketua KPK.

"Kami menyadari sepenuhnya bahwa pangkat bintang adalah simbol semata yang kadang dianggap sesuai atau tidak sesuai dengan orang yang menyandangnya sehingga Pak Firli dalam mengemban jabatan Ketua KPK tidak memerlukan pangkat empat bintang," ujarnya.

"Kami memahami Pak Firli tidak membutuhkan dan tidak menginginkan pangkat empat bintang, jadi dengan karangan bunga kedua sebagai ralat maka polemik empat bintang dinyatakan selesai dan ditutup," sambungnya.

Sebelumnya, Firli Bahuri berulang tahun ke-58 pada Senin (8/11). Ucapan selamat ulang tahun untuk Firli pun datang dari Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI).

MAKI mengirimkan sebuah karangan bunga ucapan ulang ke KPK untuk Firli. Karangan bunga yang dikirim itu bertulisan 'Anda Layak Dapat Empat Bintang'.

"Dalam pangkat tertinggi Polri adalah empat bintang, jadi mestinya Pak Firli layak dapatnya karena prestasinya jadi Ketua KPK," kata Boyamin.

Boyamin menganggap ucapan ulang tahun berbentuk karangan bunga itu sebagai penyemangat. Dia berharap semangat Firli tak luntur walau nantinya pensiun dari Polri.

"Untuk penyemangat, semoga setelah ultah bersamaan pensiun maka akan garang," ucap Boyamin.

Simak juga Video: Keseruan Ketua-ASN KPK di Yogya, Firli: Kita di Sini Bukan untuk Jalan-jalan

[Gambas:Video 20detik]



(azh/knv)