Kesabaran AKBP Dermawan yang Dipukuli Massa Pemuda Pancasila Dipuji

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 14:19 WIB
Ini Alasan Polisi Pegang Ular Saat Laporkan Banjir Jakarta Barat
Foto: AKBP Dermawan Karosekali (screenshot video)
Jakarta -

Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali dikeroyok massa Pemuda Pancasila (PP) saat mengamankan demo di gedung DPR RI. Anggota Komisi III DPR Habiburokhman mengapresiasi kesabaran AKBP Dermawan.

"Kita apresiasi kesabaran beliau dalam menjalankan tugas," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (26/11/2021).

Habiburokhman menyoroti demo massa Pemuda Pancasila berujung kekerasan kepada AKBP Dermawan. Dia menyebut demo seharusnya dipersiapkan dengan matang agar tidak terjadi kekerasan.

"Kalau saya dahulu demo zaman mahasiswa, ada perangkat aksi, yaitu semacam panitia pelaksana yang bertugas memastikan aksi berjalan tertib tanpa ada kericuhan yang tidak disepakati," kata Habiburokhman.

Wakil Ketua MKD DPR HabiburokhmanWakil Ketua MKD DPR Habiburokhman (Foto: Dok. Habiburokhman).

"Sebelum demo, perangkat aksi membriefing simpul-simpul massa soal apa yang boleh dilakukan atau tidak selama aksi. Misalnya nggak boleh membawa sajam dan nggak boleh melakukan provokasi di luar komando korlap," ujar dia.

AKBP Dermawan Dikeroyok

Pengeroyokan AKBP Dermawan terjadi saat massa ormas Pemuda Pancasila demo di depan gedung DPR, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (25/11). Massa demo menuntut politikus PDIP Junimart Girsang meminta maaf kepada Pemuda Pancasila atas pernyataan meminta Kemendagri membubarkan ormas rusuh.

Di lokasi lain, beberapa meter dari titik aksi depan gedung DPR, AKBP Dermawan dikeroyok massa Pemuda Pancasila. Di tengah kerumunan Dermawan mencoba menghindar pukulan massa hingga lari menyelamatkan diri. Dia kemudian dibantu oleh pengendara motor yang melintas.

AKBP Dermawan kini dirawat di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, karena mengalami luka di bagian kepala. Dermawan pun buka suara soal pengeroyokan itu.

"Selamat pagi. Masih sakit," ujar Dermawan saat detikcom menyapa melalui sambungan telepon, Jumat (26/11).

Simak Video: Begini Kondisi AKBP Dermawan yang Dikeroyok Anggota Pemuda Pancasila

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)