Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November, Begini Awal Mulanya

Mutia Safira Fitri - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 13:45 WIB
ilustrasi tanam bibit pohon
Hari Menanam Pohon Indonesia 28 November, Begini Awal Mulanya -- ilustrasi bibit pohon (Foto: Instagram @Kementerianlhk)
Jakarta -

Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati pada tanggal 28 November setiap tahunnya. Pohon memiliki peranan vital bagi manusia karena manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya yaitu suplai oksigen.

Penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia tak lepas dari kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian pohon demi mencegah dampak perubahan iklim yang kini jadi perhatian banyak pihak. Dengan keseimbangan alam, berbagai bencana di masa depan dapat dicegah demi keamanan umat manusia.

Lalu apa itu Hari Menanam Pohon Indonesia? bagaimana awal mula penetapannya? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Hari Menanam Pohon Indonesia: Apa Itu?

Dilansir dari situs Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penetapan Hari Menanam Pohon didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008.

Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan hari peringatan yang ditujukan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian pada seluruh masyarakat mengenai pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Hari Menanam Pohon Indonesia: Keppres Nomor 24 Tahun 2008

Hari Menanam Pohon Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2008. Kebijakan tersebut dikeluarkan ketika masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Keputusan Presiden tersebut mempertimbangkan dua hal yaitu:

  1. Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kabupaten Bogor yang digelar pada 28 November 2007 serta kegiatan menanam selama Desember 2007 sebagai momentum strategis Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan
  2. Sebagai upaya agar kegiatan pohon dapat berkelanjutan serta upaya memasyarakatkan gerakan menanam maupun memelihara pohon secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.

Keputusan tersebut menetapkan empat hal yaitu:

  1. Penetapan 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia.
  2. Hari Menanam Pohon Indonesia bukan merupakan hari libur.
  3. Tanggal tersebut adalah awal dimulainya penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.
  4. Kegiatan menanam pohon seperti poin ketiga dilanjutkan dengan kegiatan menanam pohon selama bulan Desember, sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Hari Menanam Pohon Indonesia: Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN)

Selain menetapkan Hari Menanam Pohon Indonesia, pemerintah juga menetapkan Bulan Menanam Pohon Nasional. Peringatan BMPN jatuh pada Bulan Desember berdasar pada Keppres Nomor 24 tahun 2008.

Kini awal mula penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia sudah diketahui. Apa saja sebenarnya manfaat pohon untuk kehidupan manusia? simak di halaman selanjutnya.