Kafe di Atas Saluran Air Kemang Mulai Dibongkar, Begini Kondisinya Sekarang

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 10:45 WIB
Kondisi Bangunan Kafe di Kemang yang Dibongkar
Kondisi bangunan kafe di Kemang yang dibongkar (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Sebuah bangunan kafe yang berdiri di atas saluran air di kawasan Kemang Utara, Jakarta Selatan, akhirnya dibongkar. Saat ini bangunan itu sudah hancur.

Pantauan detikcom, Jumat (26/11/2021), terlihat bangunan pertama yang dibongkar adalah bagian belakang kafe, yang tepat berdiri di atas saluran air. Terlihat beberapa pekerja masih menyingkirkan puing-puing pembongkaran.

Proses pembongkaran mandiri ini dibantu oleh Pemkot Jaksel, yang mendatangkan 15 tenaga pekerja beserta sebuah alat jackhammer dan lainnya.
Pembongkaran kafe ini telah berlangsung sejak Kamis (25/11).

Kondisi Bangunan Kafe di Kemang yang DibongkarKondisi bangunan Kafe di Kemang yang dibongkar (Hanafi/detikcom)

Kasi Pemerintahan Lurah Bangka Asep Ahmad Umar mengatakan pihaknya akan menyelesaikan pembongkaran kafe ini. Proses pembongkaran ini dimulai dari pukul 07.30 WIB setiap harinya.

"Kita mulai 07.30 WIB setiap hari sampai selesai," kaya Asep di lokasi.

Hingga saat ini, para pekerja masih bekerja secara bergantian mengangkut puing-puing sisa bangunan yang berjatuhan ke saluran air.

Bangunan Kafe Tak Ada Izin

Sebelumnya, Camat Mampang Djaharuddin mengatakan kafe di Kemang Utara, Jaksel, yang berdiri di atas saluran air tidak mengantongi izin. Pemilik kafe juga sudah dipanggil Pemkot Jaksel.

"Nggak mungkin dikasih izin. Mungkin depannya dikasih izin, tapi di belakangnya kita nggak tahu, di belakang rumah soalnya," ujar Djaharuddin saat dimintai konfirmasi, Selasa (16/11).

Pemilik kafe pun bersedia kafe dibongkar. Keputusan ini dibuat setelah Pemkot Jaksel melayangkan surat pemberitahuan pembongkaran beberapa waktu lalu.

"Alhamdulillah bersedia (bongkar sendiri)," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin saat dihubungi, Minggu (21/11).

(zap/zap)