28 November Memperingati Hari Apa? Ini Seluk Beluk 2 Hari Penting

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 10:30 WIB
Mother and daughter reading book on the floor.
28 November Memperingati Hari Apa? Hari Dongeng Nasional-Hari Menanam Pohon Indonesia (Foto: Ilustrasi Mendongeng (Foto: Getty Images/Petar Chernaev)
Jakarta -

28 November memperingati hari apa jadi pertanyaan yang banyak dicari tahu masyarakat. Ternyata ada dua peringatan yang dirayakan di Indonesia dalam satu hari sekaligus.

Peringatan yang jatuh pada 28 November adalah Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Hari Dongeng Nasional. Keduanya memiliki sejarah dan latarbelakang yang menarik untuk diketahui lebih dalam.

Informasi lebih lanjut soal Hari Menanam Pohon Indonesia dan Hari Dongeng Nasional sudah dirangkum detikcom berikut ini.

28 November Memperingati Hari Apa? Ada Hari Menanam Pohon Indonesia

Salah satu peringatan yang jatuh pada 28 November adalah Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Melansir dari laman resmi KLHK, Penetapan HMPI ini merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008.

Dalam keputusan yang ditandatangani Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ditetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Penetapannya bertujuan untuk mendorong kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon. Dalam keputusan tersebut juga disepakati bahwa Bulan Desember adalah Bulan Menanam Nasional (BMN).

Penetapan HMPI bermula pada tanggal 28 November 2007, di mana dilaksanakan Aksi Penanaman Serentak Indonesia dan Pekan Pemeliharaan Pohon di Desa Cibadak, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini kemudian menggerakkan langkah bahwa selama bulan Desember 2007 adalah Bulan Menanam Nasional.

HMPI dan Bulan Menanam Nasional menjadi momentum strategis bangsa untuk berupaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.

28 November Memperingati Hari Apa? Ada Hari Dongeng Nasional

Peringatan lainnya yang jatuh pada 28 November adalah Hari Dongeng Nasional. Melansir dari laman resmi Kemendikbud, Hari Dongeng Nasional diperingati sebagai bentuk apresiasi atas jasa legenda dongeng Indonesia, Drs Suyadi atau yang dikenal sebagai Pak Raden.

Diketahui tanggal 28 November adalah hari kelahiran Pak Raden. Karya Pak Raden dan dedikasinya terhadap dunia anak-anak melalui cerita dan lagu menginspirasi banyak orang.

Di Indonesia, dongeng jadi salah satu jenis cerita yang tak lepas dari peninggalan sejarah nenek moyang bangsa Indonesia. Banyak cerita yang tersebar dari berbagai daerah, mulai dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan mendongeng juga diyakini membawa dampak positif bagi perkembangan anak dan keharmonisan keluarga.

Kini tanggal 28 November memperingati hari apa sudah diketahui. Lalu bagaimana dengan penetapan Hari Dongeng Nasional? simak ulasan lengkapnya di halaman selanjutnya.