Kronologi Anggota DPRD Sumbar Fraksi PKS Tewas Jatuh ke Jurang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 07:46 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi garis polisi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Anggota Fraksi PKS, DPRD Sumatera Barat, Rinaldi meninggal dunia usai mengalami kecelakaan tunggal di Tanah Sirai, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam. Korban diduga jatuh ke dalam jurang sekitar 8 meter.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (25/11) sekitar pukul 11.00 WIB. Korban jatuh bersama motornya.

"Korban terjatuh bersama sepeda motor merek mio ke dalam jurang sekitar enam sampai delapan meter," Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan melalui Waka Polsek Tanjungraya AKP Akhiruddin di Lubukbasung, seperti dilansir dari Antara, Jumat (26/11/2021).

Dwi mengatakan korban mengalami luka pada bagian kepala dan bagian lainnya.

Kronologi Kejadian

Dwi menceritakan kecelakaan tunggal itu terjadi saat korban beserta dinas melakukan kunjungan kerja kedewanan ke Jorong Data Munti, Kecamatan Palembayan.

Di Tanah Sirah, tambahnya, kendaraan yang membawa rombongan dinas tersangkut. Sementara mobil korban terlebih dahulu sampai di atas.

Akibat mobil tersangkut, korban beserta rombongan dan masyarakat setempat mencoba untuk membantu mengeluarkan mobil itu.
Namun mobil tidak bisa dikeluarkan, sehingga para rombongan meminta mencari dongkrak untuk mengeluarkan mobil itu. Dongkrak tersebut ada di mobil milik korban dan Fraksi PKS DPRD Sumbar tersebut mengambil dengan menggunakan sepeda motor milik warga.

Korban tidak kunjung datang ke lokasi dan salah seorang warga datang memberitahukan bahwa ada satu sepeda motor masuk jurang. Setelah itu rombongan menuju lokasi dan rupanya korban yang ada di dalam jurang tersebut.

"Ini informasi yang kita peroleh dari warga sekitar," katanya.

Dugaan Sementara Akibat Rem Motor Blong

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan menduga rem sepeda motor jenis Yamaha Mio dikendarai anggota DPRD Sumbar, Rinaldi mengalami blong. Sehingga korban hilang kendali dan masuk ke jurang sekitar 15 meter.

"Ini berdasarkan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dilakukan Unit Laka Polres Agam di lokasi," ujarnya.

Dwi mengatakan sepeda motor tanpa nomor kendaraan bermotor yang dikendarai oleh Rinaldi melaju dari arah Jorong Data, Kecamatan Palembayan menuju Jorong Koto Baru Kecamatan Tanjungraya untuk menjemput peralatan perbaiki kendaraan.

Sesampai di tempat kejadian, tambahnya sepeda motor yang dikendarai anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Sumbar masuk jurang sekitar 15 meter.

Dwi menambahkan, kondisi jalan tempat kejadian terdapat coran semen, pandangan terhalang dan tidak memiliki rambu lalu lintas.

Sedangkan jalan merupakan jalan desa dengan kondisi sempit, kondisi permukaan jalan kering dan jalan tikungan menurun.

Anggota Fraksi PKS DPRD Agam, Rizki Abdillah Fadal menambahkan jasad korban telah disemayamkan di rumah duka di Maninjau, Kecamatan Tanjungraya.

"Jasad korban akan dikebumikan pada Kamis (25/11)," katanya.

Lihat juga video 'Pendaki Asal Jakarta Tewas Jatuh ke Jurang Saat Mendaki Gunung Latimojong':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/zak)