Terekam CCTV Saat Beraksi, Remaja Pembobol Masjid di Makassar Dibekuk

Reinhard Soplantila - detikNews
Jumat, 26 Nov 2021 06:53 WIB
masjid.
Ilustrasi masjid (Foto: dikhy sasra)
Makassar -

Polisi menangkap seorang remaja berusia 17 tahun pelaku pembobolan dan pencurian kotak amal Masjid di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi itu terekam CCTV.

"Jadi dapat saya jelaskan bahwa pelaku yang kami amankan adalah pelaku curas dan curat di mana kronologisnya untuk curat itu dia masuki Masjid untuk mengambil tabungan celengan di dalam Masjid," ujar Panit 2 Reskrim Polsek Rappocini, Ipda Ahmad Hajar kepada wartawan pada Jumat (26/11/2021).

Peristiwa pembobolan kotak amal itu terjadi di Masjid Darul Muttaqin di Jalan Minasa Upa, Makasar, pada Selasa (23/11). Polisi kemudian mengidentifikasi pelaku dari rekaman CCTV. Usai diselidiki akhirnya polisi menangkap pria itu di sekitar Kabupaten Gowa, Sulsel.

Anggota pun langsung bergerak cepat menuju ke beberapa tempat di daerah kota Makassar, guna mengembangkan penyidikan kasus pencurian yang dilakukan pelaku. Hasilnya sejumlah barang bukti kejahatan pelaku dapat disita.

"Terus barang bukti yang disita itu berupa satu unit motor, dua kunci untuk membuka celengan itu dan isi celengan kami sita," sebut Ahmad.

Berdasarkan interogasi, pelaku telah dua kali melakukan aksi pencurian di dua Masjid berbeda di kota Makassar. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya amplifier pengeras suara yang dicuri pelaku di Masjid yang berbeda dari yang terekam CCTV.

"Sama amplifier juga (disita barang bukti) di TKP Masjid di luar yang terekam CCTV," tutur Ahmad.

(eva/eva)