Dubes RI untuk Turki Dapat Cenderamata Syal Batik Khas Parepare

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 21:44 WIB
Pemkot Parepare
Foto: Pemkot Parepare
Jakarta -

Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal mendapatkan oleh-oleh atau cenderamata berupa syal bermotif batik. Syal tersebut dirancang oleh Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Ketua Dekranasda Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan.

Pemberian tersebut dilakukan saat Erna Rasyid Taufan bersama rombongan disambut oleh Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal pada kegiatan 7th World Halal Summit yang digelar hari ini di Istanbul Congress Center di Turki.

Syal yang didominasi perpaduan warna coklat dan hitam ini nampak serasi dikenakan oleh Lalu Muhammad Iqbal yang terlihat mengenakan setelan jas berwarna biru navy.

"Bersama Duta Besar Indonesia untuk Turki, saya kasih cenderamata berupa syal motif khas Parepare," ujar Erna Rasyid Taufan dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/20210.

Erna berharap, dengan cenderamata khas Parepare membuat kota dengan julukan kota BJ Habibie kian dikenal ke mancanegara, termasuk negara yang dikenal dengan sebutan trans kontinentalnya.

Sebelumnya, Erna Rasyid Taufan menjadi delegasi Indonesia di Turki. Dalam kesempatan itu, TP PKK dan Dekranasda Parepare menampilkan rancangan khas Parepare dan Sulawesi Selatan.

Rancangan bertema etnik Islami yang dibalut limbah kerang-kerangan didesain langsung oleh Erna Rasyid Taufan yang merupakan salah satu desainer kondang nasional ini. Rancangan itu pun ditampilkan dalam kegiatan 7th World Halal Summit yang digelar 25 hingga 28 November 2021 pada Istanbul Congress Center di Turki.

Erna Rasyid Taufan mengatakan, sebagai delegasi Indonesia kesempatan emas itu dimanfaatkan untuk mempromosikan Parepare secara global melalui produk, baik fashion yang berciri khas limbah kerang-kerangan, maupun produk lainnya yang dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat.

"Ini juga merupakan salah satu wujud dukungan TP PKK dan Dekranasda Parepare bekerja sama Persit Kartika Chandra Kirana dalam mewujudkan teori telapak kaki yang digaungkan oleh Bapak Wali Kota Parepare," ujar Erna.

(ega/ega)