Kisah Pelajar Perbaiki Sendiri Jalan ke Sekolah Sebab Rusak Parah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 21:00 WIB
Siswa SMA Negeri 1 Pulau Rimau, Banyuasin, Sumsel, gotong royong perbaiki jalan berlumpur akses menuju ke sekolahnya. (Dok. Istimewa)
Siswa SMA Negeri 1 Pulau Rimau, Banyuasin, Sumsel, gotong royong perbaiki jalan berlumpur akses menuju sekolahnya. (Dok. Istimewa)
Banyuasin -

Aksi mulia dilakukan oleh sejumlah pelajar di Banyuasin, Sumatera Selatan. Mereka bergotong royong memperbaiki akses jalan berlumpur menuju sekolah dengan harapan agar pemerintah setempat dapat segera memperbaiki jalan itu demi kenyamanan mereka dan warga setempat.

Kegiatan gotong royong memperbaiki sendiri jalan rusak oleh para pelajar itu beredar viral di media sosial. Dilihat detikcom, Kamis (25/11/2021), dalam foto yang beredar tampak beberapa siswa yang mengenakan celana abu-abu, celana olahraga, seragam putih abu-abu lengkap, dan seragam olahraga lengkap sedang bergotong royong memperbaiki ruas jalan yang berlumpur.

"Gotong royong perbaikan jalan menuju sekolah SMA N 1 Pulau Rimau. Kami berharap ke depannya ada pengerasan jalan untuk memperlancar kegiatan masyarakat dan anak sekolah," tulis pengunggah.

Jalan itu disebut merupakan akses menuju SMA Negeri 1 Pulau Rimau di Desa Mukut, Kecamatan Pulau Rimau, Banyuasin.

Bahkan, di salah satu slide foto, terlihat juga seorang pria yang menggunakan seragam pegawai negeri sipil yang sedang memantau kegiatan gotong royong yang dilakukan para siswa tersebut.

Camat Pulau Rimau Suratman ketika dimintai konfirmasi tidak membantah kegiatan gotong royong siswa pada foto yang beredar tersebut. Menurutnya, permohonan pengerasan jalan tersebut sudah diajukan BPD desa setempat ke instansi terkait.

"SMA itu sudah difasilitasi oleh tim Kabupaten. Selanjutnya kami belum tahu, sampai sekarang belum ada keputusan. Masalahnya, data-data dan berkas tidak ada di Kecamatan. BPD yang bikin laporan, tapi bukan ke kami," kata Suratman.

Simak alasan para pelajar perbaiki sendiri jalan rusak menuju sekolahnya di halaman selanjutnya.