Hari Guru, Ma'ruf Amin: Pemerintah Terus Tingkatkan Kesejahteraan Pengajar

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 09:05 WIB
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Hari Guru Nasional. Ma'ruf memastikan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan kesejahteraan guru.

"Pemerintah akan terus memperbaiki kualitas pendidikan, termasuk meningkatkan kesejahteraan guru," kata Ma'ruf Wapres dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (25/11/2021).

Ma'ruf mengatakan, guru bukan sekadar profesi. Akan tetapi, guru, lanjut Ma'ruf, juga bakti mulia para pendidik untuk membentuk karakter, mengasah kemampuan, dan mempersiapkan masa depan bangsa.

"Pasca-bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, gurulah yang menjadi tumpuan bangsa Jepang untuk bangkit membangun kembali negerinya yang sudah porak-poranda," tuturnya.

Indonesia, jelas Ma'ruf, juga memiliki pahlawan dalam dunia pendidikan. Salah satu pahlawan itu adalah Ki Hajar Dewantara.

"Kita pun memiliki pahlawan-pahlawan kemerdekaan yang membaktikan diri sebagai pendidik anak bangsa, seperti Ki Hajar Dewantara, Dewi Sartika, serta lainnya," sebutnya.

Ma'ruf mengatakan guru memang pahlawan tanpa tanda jasa. Sebab, jasanya tidak akan pernah ternilai.

"Jasa mereka sangat besar karena selain menjadi teladan dan suluh kehidupan, guru juga telah menjadi sumber kekuatan bagi kemajuan bangsa," tegasnya.

Oleh karena itu, pada momen peringatan Hari Guru Nasional ini, Ma'ruf mengucapkan terima kasih atas segala dedikasi para guru.

"Kepada kalian para guru, kami semua mengucapkan terima kasih atas dedikasi kalian yang tulus dalam menyemai tunas-tunas bangsa," ungkapnya.

"Selamat Hari Guru. Indonesia maju karena baktimu yang tidak kenal waktu," pungkasnya.

Untuk diketahui, setiap tahun Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperingati Hari Guru Nasional pada tiap tanggal 25 November.

Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 yang dikeluarkan Kemdikbudristek, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini mengusung tema 'Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan'.

(lir/yld)