1.000 ASN Sulsel Terima Bansos, Golkar Desak Kemensos-Pemda Perbaiki DTKS

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 25 Nov 2021 06:23 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily
Ace Hasan (Foto: dok. DPR)
Jakarta -

Sebanyak 1.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga menerima bantuan sosial (Bansos) untuk rakyat miskin. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Ace Hasan Syadzily mendesak Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memperbaiki data penerima bansos.

"Kami mendesak kepada Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah untuk memperbaharui secara total sistem pendataan, verifikasi dan validasi data penerimaan bantuan sosial itu," kata Ace kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Ace mengatakan ASN tak pantas menerima bantuan sosial. Sebab mereka mendapatkan gaji setiap bulannya.

"Sebetulnya, bagi yang berstatus ASN, seharusnya mereka tidak mendapatkan bantuan sosial. Mereka sudah mendapatkan penghasilan setiap bulan dari negara dengan berbagai tunjangan," sebut dia.

Ketua DPP Golkar itu meminta Kemensos mengidentifikasi semua ASN yang mendapatkan bansos. Dia juga mendesak agar Kemensos memberi sanksi ASN yang masih menerima bansos secara diam-diam.

"Kemensos sosial segera mengidentifikasi ASN yang terdata sebagai penerima bansos dan dari unit pemerintahan mana mereka bekerja untuk kemudian mendapatkan klarifikasi mengapa mereka terdata sebagai penerima bansos," sebut dia.

"Bagi ASN yang mendapatkan bansos sebaiknya segera secara sukarela mengundurkan diri sebagai penerima bantuan sosial. Jika tidak, ya harus diberikan sanksi yg tegas. Ada warga yang lebih berhak mendapatkan bantuan tersebut," lanjutnya.

Minta Kemensos Perbaiki DTKS

Lebih lanjut, Ace juga meminta agar Kemensos segera memperbaiki data terpadu penerima bansos. Hal yang sama juga diminta kepada pemerintah daerah.

"Kami mendesak kepada Kementerian Sosial untuk segera memperbaiki sistem pendataan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Demikian juga Pemerintah Daerah yang selama ini memberikan input DTKS juga harus obyektif, akurat dan tepat sasaran," ucap Ace.

Simak video 'Risma Ungkap Ada 31 Ribu ASN Kegep Terima Bansos':

[Gambas:Video 20detik]