Banjir Pangkalpinang Rendam Puluhan Rumah, Ini Kabar Terbarunya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 18:29 WIB
Banjir Pangkalpinang Rendam Puluhan Rumah, Ini Kabar Terbarunya
Banjir Pangkalpinang Rendam Puluhan Rumah, Ini Kabar Terbarunya / Foto: Dok. BPBD Kota Pangkalpinang
Jakarta -

Banjir Pangkalpinang merendam puluhan rumah warga sekitar. Banjir yang merendam puluhan rumah warga dilaporkan terjadi di beberapa wilayah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Hingga saat ini, banjir masih merendam beberapa titik di Pangkalpinang. Banjir juga dilaporkan terjadi di wilayah lain Pulau Sumatera. Untuk informasi lebih lanjut, simak berita yang telah kami rangkum.

Banjir Pangkalpinang: Akibat Hujan Intensitas Tinggi

Banjir yang menggenang puluhan rumah warga di Pangkalpinang terjadi akibat hujan lebat pada Selasa (23/11/2021) sore.

"Banjir melanda sejumlah wilayah di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kejadian ini terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Kota Pangkalpinang pada Selasa (23/11), pukul 16.00 WIB," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, kepada wartawan pada Rabu (24/11/2021).

Banjir Pangkalpinang: Ketinggian Air Berkisar 40-70 cm

Banjir Pangkalpinang yang terjadi sejak Selasa (23/11/2021) itu belum juga surut hingga hari ini. Ketinggian air mencapai kisaran 40-70 cm.

"Genangan air di sejumlah lokasi masih belum surut. Pantauan visual, ketinggian air berkisar antara 40-70 sentimeter," tutur Muhari.


Banjir Pangkalpinang: BPBD Ingatkan Potensi La Nina

BPBD Pangkalpinang masih berkoordinasi dengan pemerintah setempat terkait evakuasi warga yang terdampak banjir Pangkalpinang. BPBD menyatakan, pihaknya dibantu oleh TNI-Polri serta Tagana Pangkalpinang. Pihak BPBD juga menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan siap siaga akan fenomena La Nina.

"Potensi fenomena La Nina yang telah dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih dapat terjadi hingga Februari 2022. BNPB mengimbau untuk seluruh perangkat daerah setempat dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," ucapnya.


Banjir di Banda Aceh

Tak hanya di Pangkalpinang, banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi juga terjadi di wilayah lain Pulau Sumatera. Dua desa di Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur dilaporkan terendam banjir.

"Banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi. Kita masih mendata dampak banjir tersebut," demikian ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan pada Rabu (24/11/2021).

Dua desa yang terendam banjir yaitu:

  1. Desa Blang Seunong
  2. Desa Pante Labu

Dari dua desa tersebut, terdapat total empat dusun yang terendam banjir. Keempat dusun tersebut yaitu:

  1. Dusun Rantau Panjang
  2. Dusun Parek
  3. Dusun Selamat
  4. Dusun Pateng

Kepala BPBA juga menyebut bahwa banjir telah terjadi sejak Selasa (23/11) sekitar pukul 18.15 WIB dengan ketinggian 40 sentimeter.

"Air masih merendam wilayah perumahan warga dengan ketinggian berkisar 10-40 cm. Sekarang kondisinya masih hujan dengan intensitas ringan," tutur Ilyas.

(azl/imk)