Besok Memperingati Hari Apa Saja? Ada Dua Hari Penting Lho

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 16:55 WIB
Kalender tahunan. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Besok Memperingati Hari Apa Saja? Ada Dua Hari Penting Loh -- ilustrasi (Foto: detikcom/Dikhy Sasra)
Jakarta -

Besok memperingati hari apa jadi pertanyaan yang banyak dicari tahu masyarakat. Ternyata ada dua peringatan berbeda yang jatuh pada 25 November 2021.

Mungkin masyarakat lebih familiar terhadap Hari Guru Nasional. Namun ada peringatan Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yang juga jatuh pada besok hari.

Lalu apa itu Hari Guru Nasional? Bagaimana dengan Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Besok Memperingati Hari Apa: Hari Guru Nasional

Melansir dari situs resmi Kemdikbud, setiap tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional. Tahun ini tema yang diangkat adalah Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.

Awal mula sejarah penetapan Hari Guru Nasional dapat diketahui merujuk pada situs resmi PGRI DKI Jakarta. Disebutkan Hari Guru Nasional bermula dari berdirinya PGRI.

Di zaman Belanda, cikal bakal PGRI sudah terlihat dengan didirikannya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) tahun 1912. Setelah PGHB berdiri, berdiri organisasi guru baru lainnya, seperti Persatuan Guru Bantu (PGB) dan Perserikatan Guru Ambachtsschool (PGAS) serta organisasi guru berbasis keagamaan atau kebangsaan seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV) dan Katolieke Onderwijsbond (KOB). Pada 1932, PGHB berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Kemerdekaan Indonesia pada 1945 mendorong dilaksanakannya Kongres Guru Indonesia. Kongres tersebut terjadi pada 24-25 November 1945.

Berbagai organisasi guru dan dengan latar belakang berbeda bertemu dalam Kongres di Surakarta tersebut. Di hari kedua kongres, yaitu 25 November tahun 1945 di Surakarta, PGRI didirikan.


Peringatan Hari Guru Nasional diatur dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994 yang saat itu di bawah kepemimpinan Presdien Soeharto.

Keppres tersebut ditetapkan lantaran dua hal, yaitu:

  1. Guru memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional.
  2. Tanggal tersebut diperingati sebagai hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia dan sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru

Besok memperingati hari apa kini salah satunya sudah terjawab. Ada satu peringatan lainnya yang jatuh pada 25 November. Simak ulasannya di halaman selanjutnya.